Kemenag Sulteng Seleksi Calon Petugas Haji

oleh -
Para peserta calon petugas haji serius mengerjakan soal-soal seleksi. (FOTO : MAL/YAMIN)

PALU – Direktorat Jenderal (Dirjen) Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerjasama dengan Bidang PHU, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sulteng, telah  melaksanakan seleksi calon petugas haji tahap dua yang akan bertugas pada musim haji 1438 H/2017 M.

Seleksi yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Palu, diawasi langsung oleh Kabid PHU, Kanwil Kemenag Sulteng dan dari Dirjen PHU Kemenag RI.

Proses seleksi diikuti 39 peserta, terdiri dari 12 Tim Pendamping Haji Indonesia (TPHI),  15 Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIH) dan 12 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Tes dilakukan satu hari dengan metode tertulis dan wawancara, setelah sebelumnya sudah melalui seleksi adminsitrasi.

Kabid PHU, Kanwil Kemenag Sulteng, Gasim Yamani menyampaikan, kegiatan itu sangat penting karena merupakan bagian bagian dari sistem penyelenggaraan ibadah haji.

“Dimana setiap fase penyelenggaraannya harus berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan,” katanya.

Di sisi lain, para peserta tes juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi calon petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Dia berharap, peserta yang dinyatakan lulus, bisa melaksanakan tugasnya dengan niat ibadah agar dapat dilaksanakan dengan baik. (YAMIN)