Kanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Simulasi Tes SKB CPNS

oleh -

PALU- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) gelar simulasi tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tahapan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 di Stadion Gawalise, Sabtu, (9/12).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, turut didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi Raymond JH. Takasenseran selaku Ketua Panitia Daerah dan Kepala Divisi Keimigrasian Arief Hazairin selaku Ketua Koordinator tes SKB CPNS 2023 serta perwakilan Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Inspektorat Kemenkumham dan perwakilan Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, sama seperti tahapan sebelumnya, Kakanwil Hermansyah menguraikan bahwa pelaksanaan seleksi SKB juga mesti terlaksana dengan sebaik-baiknya, dengan mendapatkan hasil kegiatan bernilai akuntabilitas dan transparansi tinggi.

Ia pun menjelaskan, bahwa seperti ketentuan ditetapkan, pada proses penilaian setiap sesi tes, menjadi tanggung jawab dari pihak kepolisian serta dibantu pengawasan oleh inspektorat jenderal Kemenkumham. Ia pun mengapresiasi serta mengajak seluruh panitia dapat bergandengan tangan dalam menyukseskan seleksi SKB tersebut.

“Mari kita bergandengan untuk menyukseskan kegiatan ini agar mendapatkan hasil akuntabel dan transparan, itu harus kita jaga dengan sebaik-baiknya agar kita mendapatkan sumber daya manusia benar-benar baik,” jelas Kakanwil.

Meninjau langsung setiap area tes kesamaptaan tersebut, Kakanwil pun memastikan sarana penunjang telah terstandarisasi. Guna memastikan transparansi hasil tes, pihaknya menyiapkan berbagai komponen penunjang teknologi lainnya serta membuka ruang seluas-luasnya kepada para peserta dalam mengajukan aduan.

“Para penilai dibantu juga kamera pemantau, setiap hasil tersimpan dengan baik, para peserta pun langsung melihat hasilnya, jadi tentu sangat minim terjadinya kecurangan,” tambahnya.

Diketahui, tahapan seleksi CPNS 2023 sendiri memasuki tahapan SKB,direncanakan dilaksanakan pada Ahad (10/12) hari ini di Stadion Gawalise Palu, seleksi tersebut diawali dengan seleksi kesamaptaan, para peserta diberikan ujian berupa tahapan lari 12 menit, pull up, sit up, push up hingga suttle run.

“Ada 54 peserta mengikuti SKB, semoga semuanya berjalan lancar,” pungkasnya.

Reporter: IKRAM/Editor: NANANG