Kakanwil Kemenkumham Sulteng Bertekad Tingkatkan Pelayanan Keimigrasian Berbasis Transformasi Digital

oleh -
Hemansyah Siregar

PALU- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Sulawesi Tengah bertekad meningkatkan pelayanan keimigrasian kepada publik dengan meningkatkan fungsi dan kapasitas teknologi informasi berbasis digital.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar usai acara syukuran Hari Bakti Imigrasi ke- 74 mengangkat tema Tranformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Palu, Jalan. R.A. Kartini No.53, Lolu Selatan, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Jum’at (26/1).

Ia menjelaskan, keimigrasian Palu dan Banggai mempermudah masyarakat dalam pembuatan paspor, bisa dilakukan secara online.

“Jadi jarak yang jauh bisa disiasati dengan mengunduh dukungan dokumen melalui aplikasi dan begitu datang langsung diproses, begitupun pembayarannya contactless,” bebernya.

Olehnya guna mendukung pelayanan digital tersebut, Kakanwil menyebutkan terus melakukan pembinaan terhadap jajarannya dan berharap prinsip-prinsip pengembangan dan pembangunan digitalisasi harus sesuai Permenkumham Nomor 30 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Perpres 95 tahun 2018.

“Sehingga aplikasi dikembangkan terintegrasi dan mudah digunakan masyarakat PASTI biaya, waktu dan persyaratan,” harapnya.

Ia menambahkan, terkait pengawasan orang asing dilakukan dengan dua cara pengawasan bersifat adminstratif dan pengawasan di lapangan.

“Pengawasan administratif tentu dengan bantuan teknologi penggumpalan data dan keterangan (pulbaket) sangat memudahkan dan pengawasan lapangan bekerjasama dengan instansi terkait dengan koordinasi dalam wadah tim pengawasan orang asing (Timpora Provinsi/Kabupaten/Kota) ,” pungkasnya. (IKRAM)