Jelang Pelantikan, Pemda Donggala Akan Segera Lakukan Job Fit kepada Pejabat Eselon II

oleh -
PJ Bupati Kabupaten Donggala Moh Rifani Pakamundi

DONGGALA – Dalam waktu dekat ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Donggala akan melakukan uji kesesuaian (Job Fit) kepada seluruh pejabat eselon II di jajaran Pemerintah Kabupaten Donggala.

Pj Bupati Donggala Moh Rifani Pakamundi mengatakan, pengisian jabatan pimpinan tinggi atau pelantikan harus melalui uji kesesuaian atau job fit.

Ditegaskan dalam aturan bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi yang dilakukan melalui pengukuhan, dilakukan melalui pertimbangan dari Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), dan ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), yang selanjutnya dilaporkan kepada Komite Aparatur Sipil Negara (KASN).

Adapun pengisian jabatan pimpinan tinggi melalui job fit, dilakukan melalui evaluasi kesesuaian kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang dilakukan oleh tim evaluasi yang berasal dari unsur Baperjakat, dan dapat pula dibantu oleh unsur lainnya yang dibentuk oleh PPK, dan dikoordinasikan kepada PPK.

“Akan dilakukan job fit mungkin di triwulan 1 atau triwulan II. Nanti hasil evaluasinya seperti apa. Kalau toh hasilnya dari job fit itu memang tidak memenuhi syarat untuk menduduki jabatan tersebut, kita lengserkan. Begitu prosedurnya. Tapi tidak serta merta kita lakukan hal itu, ” katanya.

Menurutnya untuk hal tersebut, mesti izin dahulu kepada Kemendagri dan pertimbangan teknis.

“Semua ini dilaksanakan harus sesuai aturan, tidak bisa asal main lantik pejabat,” ujar PJ Bupati Donggala ini.

Rencana job fit ini dilakukan menyusul dalam waktu dekat PJ bupati akan melakukan pelantikan Penjabat esselon II di jajaran Pemka Donggala. Namun belum diketahui pasti kapan pelantikan tersebut.

Reporter: Irma/Editor: Nanang