Gubernur Sulteng Mimpikan Donggala Jadi Kota Masa Depan

oleh -

PALU – Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura memimpikan kabupaten Donggala menjadi kota masa depan yang indah dan maju. Hal ini terealisasi dalam tempo 20 sampai 30 tahun lagi.

“Saya ini orang yang suka bermimpi dan mengkhayal. Saya bermimpi Donggala menjadi kota baru di masa depan,” ujar Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, Senin (15/1).

Ia mengatakan, jika pemimpin bersungguh-sungguh dalam mengemban amanah dari rakyatnya dan didukung oleh masyarakat dan pejabatnya. Maka harapan itu bisa terwujud.

Rusdy Mastura bersama kepala perangkat daerah mengikuti pemaparan masterplan kota baru Donggala oleh tim konsultan ITB. Dokumen masterplan ini selanjutnya akan dijabarkan menjadi dokumen Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) yang sinkron dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

Gubernur juga meminta tim untuk menetapkan kawasan-kawasan mana yang akan dijadikan pusat permukiman, perkantoran, perdagangan, pariwisata beserta dukungan infrastruktur essensial seperti jalan, air bersih, jembatan, bandara dan layanan komunikasi.

“Bukan karena saya orang Donggala yang tinggal di sana waktu kecil, tapi karena saya melihat potensinya yang besar,” ungkap gubernur menerawang masa depan Donggala menjadi kawasan penyangga pariwisata IKN dan pusat permukiman baru.

Sementara, Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Sulteng Andi Ruly Djanggola, mengonfirmasi bahwa pemerintah Donggala telah sepakat mengalokasikan APBD kabupaten untuk penyusunan RTBL.

“Mudah-mudahan mimpi pak gubernur bisa terwujud dengan komitmen dari kita semua,” tandasnya.

Hadir dalam pemaparan, Kepala Bappeda Christina Shandra Tobondo, Kadis Bina Marga dan Tata Ruang Faidul Keteng, Kadis Pariwisata Diah Agustiningsih, Kadis Kominfo Sudaryano R. Lamangkona, Kadis Kelautan dan Perikanan Moh. Arif Latjuba, dan Kadis Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Abdul Haris Karim.

Reporter: IRMA
Editor: NANANG