Gapai Palu Adipura 2023, Lurah Palupi Kumpulkan Ketua RT/RW

oleh -

PALU- Pemerintah Kelurahan Palupi, bergerak cepat dengan mengumpulkan para ketua RT/RW se kelurahan Palupi, guna menindaklanjuti program Wali Kota Palu, H.Hadianto Rasyid, untuk mewujudkan Kota Palu meraih piala Adipura tahun 2023 mendatang.

“Bapak Wali Kota Palu,  Hadianto Rasyid, memberikan target pada kami para lurah untuk menata kelurahan masing-masing, mengatur tata kelola lingkungan yang bersih, karena untuk mewujudkan program ini kita butuh dukungan masyarakat. Nah, bapak-bapak dan perempuan Adipura ditingkat RT menjadi garda terdepan untuk mewujudkan hal ini,” kata Lurah Palupi, Muhammad Zakaria, dihadapan para ketua RT/RW, di kantor Lurah, Sabtu (23/10).

Zakaria yang baru beberapa bulan dilantik, langsung tancap gas dengan turun langsung di lapangan menyelesaikan masalah persampahan yang masih menjadi kendala pelik di tengah masyarakat.

“Hari ini kami mengumpulkan para ketua RT dan RW plus pengangkut sampah untuk mencarikan solusi terbaik, karena Adipura bukan hanya berbicara persoalan sampah semata, melainkan juga keindahan, kerapian, maupun ketertiban. Nah, hal ini butuh usaha besar bersama, dalam hal ini kelurahan Palupi selalu di monitoring oleh pak Wali, bahkan kami diultimatum untuk menyelesaikan permasalahan ini. 2022 tugas saya makin berat, jadi mohon kerja sama kita semua,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Lurah banyak menerima masukan dan saran dari para Ketua RT/RW serta keluhan para driver pengangkut sampah, yang meminta memperhatikan insentif bahan bakar kendaraan mereka yang dinilai masih minim.

Olehnya, Lurah akan mengeluarkan surat edaran kewajiban berlangganan sampah bagi warga, sebagai payung hukum bagi para ketua RT serta menambah insentif para pengangkut dengan catatan hatus rajin, jujur dan humanis pada warga.

“Khusus para pengangkut, saya akan evaluasi hingga bulan Desember, jika ada temuan pelanggaran, saya tidak segan-segan mengganti dengan orang lain, apalagi kita akan ada ketambahan armada baru dari pemerintah kota Palu, semoga ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal,” pungkasnya.

Reporter: Iwan Laki
Editor: Nanang