Fraksi PKS Gelar Lomba Baca Proklamasi Mirip Suara Bung Karno, Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

oleh -

PALU – Dalam rangka menyemarakkan HUT Republik Indonesia tahun 2022, Fraksi PKS DPR-RI menggelar lomba baca teks proklamasi mirip Suara Bung Karno. Tahun ini, merupakan tahun kelima atau sesion kelima Fraksi PKS DPR-RI menggelar kegiatan serupa.

“Istimewanya, karena tahun ini kita juga menggelar lomba di tingkat provinsi yang sepenuhnya difasilitasi Fraksi PKS DPRD Provinsi Sulawesi Tengah,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD Sulteng, Hj Wiwik Jumatul Rofi’ah, S.Ag, MH, dalam rilis resminya, Senin (08/08).

Fraksi PKS, kata Bunda Wiwik, baik di tingkat nasional maupun lomba di tingkat provinsi, menyiapkan hadiah hingga total puluhan juta rupiah. Lomba di tingkat provinsi, akan digelar dengan model hybrid, yakni secara online dan offline.

“Bagi peserta di luar Palu, karena kendala jarak, maka tetap boleh mengikuti lomba dengan cara online. Mereka diminta buat video, lalu menguploadnya di google drivernya masing-masing, kemudian cukup mengirimkan link Google drivernya untuk diakses juri,” katanya.

Fraksi PKS DPRD Sulteng juga mengundang partisipasi dari siswa-siswi sekolah, mulai dari SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah, baik negeri maupun swasta.

Selain mengundang perwakilan sekolah, secara terbuka Fraksi PKS membuka pendaftaran secara terbuka, bagi siapa saja yang ingin ikut lomba.

“Pendaftarannya gratis, alias tidak dipungut biaya,”tegas Bunda Wiwik.

Untuk lomba offline, akan dilaksanakan pada Sabtu 13 Agustus 2022, mulai pukul 08.00 yang diawali dengan pembukaan. Setiap peserta dapat alokasi 2 hingga 3 menit, sehingga ditargetkan lomba bisa selesai sebelum pukul 16.30 dan pemenang lomba akan langsung diumumkan hari itu juga.

“Bagi pemenang Juara I di tingkat provinsi, selain mendapatkan hadiah jutaan rupiah, juga akan diikutkan dalam lomba yang sama di tingkat nasional, yang diselenggarakan Fraksi PKS DPR-RI dan kembali berpeluang membawa pulang hadiah jutaan rupiah,” katanya.

Untuk penilaian, dilibatkan tiga juri eksternal. Ketiga juri tersebut, semuanya berlatarbelakang aktor dan aktris teater. Salah satu juri adalah Dr Agustan T Syam, M.Pd, aktor senior dan the best monolog actor, yang sekarang tercatat sebagai salah satu tenaga dosen di Jurusan Sastra FKIP Universitas Tadulako. Juri lainnya, Dian Novita Hamid, yang pernah mendapatkan gelar The Best Actress Theatre pada tahun 1997.

“Insya Allah, lomba baca teks proklamasi mirip suara Bung Karno, akan dilaksanakan bertempat di aula Kantor DPW PKS Sulawesi Tengah, Jl Sisingamangaraja Palu,” tandasnya. **