Diterjang Banjir, Jalur Trans Poso-Touna Amblas Delapan Meter

oleh -102 Kali Dilihat

TOUNA – Arus lalu lintas Jalur Trans Sulawesi di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah lumpuh. Hal ini diakibatkan jalan utama di lajur Desa Podi, Kecamatan Tojo, putus tergerus banjir, Sabtu (04/09/2021) sore.

Menurut saksi mata Subandi (40) saat dikonfirmasi via telephone mengatakan, seluruh kendaraan baik roda dua dan roda empat dari arah Poso ke Kabupaten Touna ataupun sebaliknya, lumpuh total.

“Jalan yang putus itu tepatnya setelah jembatan Podi, lalu ada gorong-gorong di bawah jalan tempat saluran air itu putus kurang lebih delapan meter,” ungkap Subandi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Touna terkait amblasnya gorong-gorong itu.

Jalur di Desa Podi tersebut, memang selama ini rawan banjir.

Sebagai antisipasi karena kondisi sudah malam, Pemerintah Desa Podi memasang portal di tengah jalan di sebelah timur arah Ampana dan sebelah barat arah Poso. Hal itu dilakukan, agar pengendara tidak melewati jalan putus itu.

Curah hujan yang tinggi dalam dua pekan terakhir ini membuat luapan air di Telaga Desa Podi meluap. Diketahui lokasi banjir tersebut, sebelumnya merupakan pemukiman penduduk yang rata disapu banjir akibat jebolnya telaga di atas gunung Desa Podi pada awal tahun 2000-an.

Reporter: MANSUR /Editor: NANANG