Dinsos Palu Distribusikan Ratusan Paket Logistik Bagi Warga Isoman

oleh -188 Kali Dilihat

PALU- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palu telah mendistribusikan sekitar 663 paket logistik bagi warga menjalani isolasi mandiri (Isoman) sebab terkonfirmasi corona virus disease (Covid) 19, tersebar di 46 Kelurahan se-Kota Palu. Paket ini berupa beras, minyak goreng dan lainya.

“Tahap pertama telah tersalurkan sekitar 354 paket logistik, dan tahap II menyiapkan kuota sekitar 309 paket,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Masyarakat Dinsos Kota Palu, Diana A Pattalau di Palu, Jumat (20/8).

Namun untuk kuota tahap II ini, kata Diana, belum semuanya tersalurkan. Sebab keterbatasan mobil operasional maupun personil. Tapi akan tetap disalurkan nantinya.

“Sebagian personil telah diperbantukan mengolah dapur umum berada di perumahan Dosen Untad,” katanya.

Diana menambahkan, paket logistik ini disalurkan kepada keluarga warga sedang menjalani isoman, bukan yang dirawat di rumah sakit atau puskesmas.

Adapun jenis logistik itu berupa beras 5,6 kilogram perjiwa, 56 picis ikan kaleng, minyak goreng 5 liter.

Terpisah, Kepala Kelurahan Boyaoge Marwan menyebutkan masih ada warganya terkonfirmasi Civid-19 menjalani isoman belum mendapat bantuan sosial masih diusulkan ke Dinsos Kota Palu.

“Masih banyak masyarakat kita sampai sekarang belum terbantu dan sementara diusulkan, ” kata Lurah Boyaoge usai penyerahan bantuan sosial kepada keluarga dari warga isoman dari Dinsos Kota Palu, di kantor Lurah Boyaoge, Kota Palu, Kamis (19/8).

Marwan mengatakan, berdasarkan data yang ada, sekitar 59 warganya terkonfirmasi Covid 19 dan sedang menjalani isoman.

“Kami akan menindak lanjuti bila ada informasi dari warga, ada terkonfirmasi positif Covid 19, bersama satgas Covid ada di kelurahan,” katanya.

Marwan mengatakan, satgas covid ini bekerjasama dengan tim covid berada di Puskesmas Sangurara. Mereka akan bergerak cepat guna mengetahui dan memastikan masyarakat terpapar covid 19 atau tidak.

“Bila ada warga terpapar covid 19 mengalami sesak napas , segera dibawa ke rumah sakit, ” katanya.

Dengan semakin meningkatnya warga terkonfirmasi Covid 19, Marwan mengingatkan dan mengimbau warganya, untuk taat menjalankan protokol kesehatan dan tetap dirumah bila tidak ada, kepentingan mendesak.

Reporter: Ikram