Digitalisasi Driver Morowali, BRI Berikan KUR dan QRIS

oleh -64 Kali Dilihat

MOROWALI – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Wilayah Manado memberikan dukungan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya pedagang dan driver Mitra DRAIV Morowali yang merupakan salah satu usaha startup terbaru di Kota Morowali, Sulawesi Tengah. Dukungan diberikan dalam bentuk pemberian fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan digitalisasi pembayaran non tunai melalui Quick Respons Indonesian Standard (QRIS).

Regional SME & Consumer Head BRI Manado,Redi Hartono mengatakan DRAIV berpotensi menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat Morowali. Karena itu pihaknya terus mendukung aktivitas ekonomi dan transportasi online di tengah pandemi, agar aktivitas tetap berjalan sesuai dengan protokol kesehatan, sehingga ekonomi tetap tumbuh.

“Apalagi kita juga fasilitasi para merchant dan driver Mitra DRAIV dengan QRIS BRI l, sehingga mereka dapat menjalankan usaha dan melayani para konsumen dengan aman,” ujarnya.

Bank BRI Kantor Cabang Morowali membantu pedagang dan driver Mitra DRAIV berupa bantuan modal KUR Mikro dengan plafon di atas 10 juta hingga 50 juta, dan KUR Super Mikro dengan plafon hingga 10 juta, serta diberikan suku bunga 6% pertahun.

Proses pengajuan KUR juga sangat mudah serta membutuhkan waktu singkat, sehingga para Mitra DRAIV yang membutuhkan tambahan modal usaha merasa sangat terbantu.

Sementara Rizqi Darajat selaku Pimpinan Cabang BRI Kantor Cabang Morowali menyampaikan, saat ini terdapat sekitar 191 pedagang dan 78 driver Mitra DRAIV di Kota Morowali. Sebagian besar telah bergabung dengan Bank BRI untuk menerima bantuan KUR serta menikmati fasilitas transaksi menggunakan QRIS BRI.

Hal ini dilakukan dalam rangka mendorong transaksi cashless. Apalagi saat ini kebanyakan masyarakat telah menggunakan smartphone dan mempunyai e-wallet seperti Link Aja, Gopay, Ovo dan lain-lain

“QRIS lebih efisien dan aman, karena setelah transaksi uang bisa masuk secara langsung ke rekening pedagang dan draiver Mitra DRAIV. Artinya mereka sudah tidak perlu datang lagi ke bank untuk setor uang tunai lagi, karena uang masuk secara otomatis dan juga dapat mengetahui riwayat dari transaksinya,” ujarnya.

Selain itu CEO DRAIV, Tohirin mengatakan, mereka juga memperhatikan keselamatan driver mitra dengan memberikan akses asuransi PIJAR dari anak usaha BRI yakni BRILife. Asuransi ini memberikan perlindungan akibat resiko-resiko kecelakaan dan kesehatan

Adapun penyaluran KUR, implementasi QRIS, dan perlindungan asuransi PIJAR untuk merchant dari driver Mitra DRAIV dilakukan oleh BRI Kantor Cabang Morowali serta didukung penuh oleh Kantor Wilayah BRI Manado.

Reporter: Harits/Editor: Nanang