Damkar Sigi Minta Masyarakat Beri Info Akurat soal Kebakaran

oleh -39 Kali Dilihat
Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palu, Sudaryano Lamangkona dan Kasat Pol-PP dan Damkar Andi Wulur., (IST)

SIGI, – Kepala Satuan Pol PP-Damkar Sigi, Andi Wulur meminta kepada masyarakat, agar memberikan informasi akurat tentang kebakaran yang terjadi, sehingga informasi itu dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam beberapa kejadian kata Andi Wulur, informasi yang sampai ke pihak Damkar Sigi bukanlah kasus kebakaran.

“Mungkin karena kepanikan warga terhadap kebakaran, jadinya informasi itu kadang suka keliru dan kita memahami itu. Namun perlu diingat juga, soal keselamatan personel yang turun bertugas. Kasian juga kalau sudah terburu-buru, lantas setelah sampai bukanlah kasus kebakaran,” ucap Wulur kepada MAL Online, Senin (10/4).

Dirinya berharap, kepada warga khususnya masyarakat Kabupaten Sigi. Apabila terjadi kebakaran, sembari menunggu pemadam, masyarakt mesti memberi bantuan pertolongan pertama, dengan menyiram dengan peralatan yang memungkinkan untuk memandamkan api di sekitar.

“Saya berharap kepada masyarakat sekitar lokasi kejadian, untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan peralatan seadanya. Personel juga membutuhkan waktu dalam perjalannya menuju TKP. Minimal bisa mencegah api untuk tidak merambat ke tempat lain,” ujarnya

Adapun Damkar Sigi saat ini juga menjalin kerjasama dengan pihak Damkar Kota Palu dalam hal pencegahan kebakaran, dengan harapan untuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat yang lebih efisien.

“Walaupun diakui, personil Damkar Sigi dan fasilitas yang dimiliki belum maksimal, akan tetapi dengan kerjasama yang dilakukan maka akan dapat memudahkan dalam melakukan penanganan kebakaran yang terjadi,” ujar Andi Wulur.

Pihaknya juga dalam hal ini, terus melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan melakukan berbagai latihan maupun tindakan pencegahan kebakaran.

Reporter: Hady
Editor: Nanang