Brush Day Night, Siswa SDN 2 Palu Diajarkan Sikat Gigi Dua Kali Sehari

oleh -
Siswa SDN 2 Palu bersama para guru dan dokter gigi dari BDN Palu. (FOTO: Doc)

PALU- Program Brush Day Night (BDN), bekerjasama Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI), bersama Unilever, yang menyasar siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Palu, yang kick off sejak 21 September sampai 11 Oktober 2021 itu terlaksana dengan baik.

“Alhamdulillah, dari hasil evaluasi kegiatan siswa SDN 2 Palu dalam berupa praktek penyikatan gigi, minimal 2x sehari, pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur, berjalan dengan lancar dan mendapat dukungan penuh dari guru-guru dan orang tua siswa,” kata, penanggung jawab program BDN kota Palu, drg. Lutfiah Sahabuddin, pada MAL Online, Ahad, (17/10).

Dia mengatakan, kegiatan itu bertujuan meningkatkan derajat kesehatan gigi pada anak- anak. Karena anak-anak, kata drg. Lutfiah merupakan generasi masa depan, sehingga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak serta kecerdasannya.

“Alhamdulillah sudah dilakukan closng ceremony, Sabtu, 16 Oktober 2021, pada acara penutupan ada pemberian reward berupa bingkisan tas sekolah masing-masing satu siswa/ kelas dari foto terbaik yang dipilih,” ujarnya.

Selain itu, juga ada reward kepada kepala sekolah, guru UKS, masing-masing Wali Kelas dan kelas satu sampai enam dengan total 147 siswa. Juga ada pasta gigi dari Unilever Indonesia sebanyak 111 buah.

Menariknya, acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab atau umpan balik antara dokter gigi, orang tua murid dan guru dan mengisi kuisioner serta pembacaan ikrar atau janji sikat gigi oleh siswa SDN 2 Palu.

Kepala Sekolah SDN 2 Palu, Hj, Hijrah, S.Pd, menyambut gembira dan antusias kegiatan BDN ini, sebagai pembelajaran bagi siswa dan siswi SDN 2 Palu bagaimana merawat gigi yang baik dan benar.

Terpisah, Prof.Dr.drg. Tri Erri Astoeti, M. Kes selaku BDN Indonesia Project Leader mengatakan, program ini diselenggarakan sebagai upaya menciptakan kesadaran dan perhatian anak terhadap pentingnya merawat gigi sejak kecil.

“Program ini digelar seluruh Indonesia, dengan harapan anak-anak Indonesia sudah mendapatkan informasi sejak dini bagaimana acara merawat gigi yang baik dan benar karena akan mempengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan mereka,” pungkasnya.

Reporter: Iwan Laki