Antisipasi Banjir di Beka, Pemkab akan Tanam Pohon di Bantaran Sungai

oleh
Samuel Yansen Pongi saat memimpin rapat antisipasi banjir di Desa Beka, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Kamis (08/04). (FOTO: IST)

SIGI – Pemerintah Kabupaten Sigi menyiapkan tanaman untuk ditanami di areal kemiringan bantaran sungai, di Desa Beka, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi. Hal ini dilakukan untuk mencegah banjir lanjutan di desa tersebut.

“Kepada para kepala desa, agar mengkoordinir masyarakat untuk menanam pohon yang telah disiapkan. Diantaranya, pohon durian, mangga dan kemiri sebagai tanaman penyangga produktif,” kata Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, saat memimpin rapat lanjutan penanganan banjir bandang yang terjadi di Desa Beka Kecamaatan Marawola beberapa waktu lalu.

Rapat yang dilaksanakan di Kantor Camat Kinovaro Kamis (08/04) itu, membahas beberapa hal terkait penanganan banjir. Apalagi saat ini cuaca ekstrim yang masih perlu diwaspadai, untuk beberapa waktu kedepan.

“Untuk itu diharapkan kepada masyarakat, agar selalu melakukan koordinasi dan kerjasama. Demi untuk melakukan upaya pencegahan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan bersama,” pesannya.

Wakil Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Balai Wilayah Sungai (BWS), Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS), unsur TNI/Polri, Dinas Terkait, PUPR, BPBD, para kepala desa dan masyarakat, yang telah bekejasama untuk melakukan upaya penanganan pasca terjadinya banjir bandang di Desa Beka.

Diakhir penyampaiannya Wakil Bupati kembali menegaskan, akan melakukan peninjauan di tempat yang telah ditanami pohon, di areal yang telah disiapkan di sekitaran bantaran sungai.

Rapat lanjutan ini dihadiri pula Wakapolres Sigi, Asisten II Sekretariat Daerah, Perwakilan BWS, Kepala OPD terkait, Camat Kinovaro, Camat Marawola, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa Beka, Sibedi, Kayumpia, Uemanje, Lebano, dan unsur terkait penanganan banjir.

Reporter: Hady
Editor: Nanang