50 Persen Anggaran PUPRP Parimo Dialihkan untuk Penanganan COVID-19

oleh -
Sekretaris Dinas PUPRP Parimo, Rivai. (FOTO: MAWAN)

PARIMO – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulteng, mengalihkan 50 persen anggaran perjalanan dinas, bimtek serta pelatihan-pelatihan untuk penanganan virus corona atau COVID-19.

“Sekitar Rp 1 milyar anggaran dari batang tubuh APBD PUPRP dipangkas,” ungkap Sekretaris PUPRP, Rivai, baru-baru ini

Ia mengatakan, total anggaran tersebut diakumulasi dari semua bidang yang memprogramkan kegiatan bimbingan teknis (bimtek), rapat-rapat yang melibatkan banyak orang, perjalanan keluar kota dan konsultasi ke pihak kementerian.

“Tidak ada lagi pertemuan yang melibatkan banyak orang, juga perjalanan dinas ke Jakarta. Itu semua digeser untuk penanganan covid ini,” jelasnya.

Kata dia, pihaknya telah menerima Surat Edaran dari Menteri Keuangan terkait pergeseran sejumlah anggaran pekerjaan fisik.

Menurutnya, pergeseran anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tidaklah menjadi soal, apalagi pergeseran tersebut dilakukan pemerintah pusat untuk penanganan virus corona yang tengah melanda tanah air.

Sementara, kata dia, Dana Alokasi Umum (DAU) yang dikelola, tetap diperuntukan bagi pembangunan drainase di sejumlah wilayah. Untuk besarannya belum diketahui secara pasti.

Melihat dari beberapa item pembangunan, sebut dia, ada yang berjumlah sekitar Rp30 juta hingga Rp50 juta per item.

“Khusus jadwal pekerjaannya diperkirakan pada pertengahan atau di akhir April tahun ini,” tutupnya. (MAWAN)