Pemprov Lepas 39 Bus Mudik Gratis

oleh
Sekda Prov.Sulteng , Hidayat Lamakarate secara simbolis melepas bus mudik gratis, Rabu,(29/5), Foto : Ikram

PALU- Sektetaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Hidayat Lamakarate secara resmi melepas 39 bus angkutan lebaran mudik gratis ke berbagai daerah tujuan Sulteng. Pelepasan ini digelar di depan Kantor Gubernur Provinsi Sulteng, Rabu, (29/5).

Turut hadir dalam pelepasan, diantaranya Dirlantas Polda Sulteng, Kombes Pol. Imam, Setiawan, perwakilan kejaksaan, Jasa Raharja , Forkompimda  dan lainnya.

Hidayat Lamakarate mengatakan, penyelenggaraan mudik gratis ini dilakukan sebagai bagian dari kepedulian Pemprov Sulteng kepada seluruh warga kabupaten ada di Sulteng. Mereka terdiri dari masyarakat menengah ke bawah , masyarakat kurang mampu, mahasiswa/pelajar, dan karyawan.

Selain itu kata dia, mudik gratis ini diselenggarakan Pemprov Sulteng sebagai upaya menguatkan hubungan silaturahim antara pemerintah dan masyarakat.

Dia menambahkan, moda transportasi untuk mudik lebaran ini telah memenuhi syarat, dan melalui uji kelaikan kendaraan.

Dia mengimbau, kepada para pengemudi kiranya dapat mematuhi segala aturan lalu lintas dan tidak diperintahkan untuk ngebut.

“Sebab keselamatan nyawa penumpang lebih utama,” katanya.

Ia berharap para supir berkonsentrasi, tidak mengkonsumsi obat terlarang maupun beralkohol dan menjaga kondisi fisiknya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng, Sisliandy, mengatakan mudik gratis ini membantu masyarakat kurang mampu sebagai pengguna jasa angkutan hendak merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

Selain itu, untuk mengedukasi kepada pengemudi angkutan dalam mentaati rambu lalulintas guna mengurangi angka kecelakaan, kepadatan arus lalu lintas di jalan raya. Sekaligus, meningkatkan keselamatan, keamanan, serta kenyamanan  perjalanan di jalan raya.

Dia mengatakan, adapun daerah menjadi tujuan mudik lebaran gratis ini di antaranya Poso,  Ampana, Tentena, Morowali Utara, Morowali, Luwuk, Tolitoli, Buol. Dengan jumlah total pemudik 501 orang dan 39 angkutan bus. (Ikram)