Pemkab Sigi Genjot Pembukaan Jalan ke Wilayah Terisolir

oleh
Kondisi Desa Makuhi hingga Desa Tobaku, Kecamatan Kulawi yang telah dilakukan pelebaran dan saat ini dapat dilalui kendaraan roda empat. (FOTO: MAL/HADY)

SIGI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi terus menggenjot pembukaan jalan, khususnya yang menuju wilayah terisolir yang ada di Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan dan Kecamatan Pipikoro.

Salah satu pembukaan jalan yang tengah dilakukan yakni akses dari Desa Makuhi hingga Desa Tobaku, Kecamatan Kulawi yang telah dilakukan pelebaran dan saat ini dapat dilalui kendaraan roda empat.

Tokoh masyarakat sekaligus pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Winatu, Ari M Lago, Kamis (09/01), menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sigi.

“Dari dulu masyarakat sangat mengimpikan jalan dari Desa Makuhi ke Desa Tobaku bisa terbuka lebar dan dapat dilalui mobil,” ungkap Ari.

Lanjut dia, lebarnya akses jalan dan disertai perbaikan membuat waktu tempuh dari Desa Makuhi menuju Desa Winatu menjadi cepat. Sebelum diperbaiki, kata dia, waktu tempuhnya bisa sampai 1,5 jam, namun sekarang bisa ditempuh hanya dalam waktu 15 menit. Tentu, kata Ari, kondisi ini akan berdampak pada sektor ekonomi warga maupun yang ingin berurusan antar kedua desa.

“Jaraknya kedua desa ini sebenarnya tidak jauh, hanya sekitar delapan kilometer,” tambahnya.

Ari berharap, ke depan Pemkab Sigi tetap memperhatikan akses jalan tersebut dengan meningkatkannya dengan aspal.

“Supaya kami masyarakat gunung bisa menikmati juga aspal di kampung kami sendiri,”  harapnya.. (HADY)

Iklan-Paramitha