Cegah Covid-19, Warga Baru Tiba di Palu Segera Periksakan Diri di RS

oleh
Wali Kota Palu, Hidayat saat memimpin rapat khusus membahas pencegahan penyebaran Covid-19 di ruang kerjanya, Jumat (20/03) sore. (FOTO: HAMID)

PALU – Wali Kota Palu, Hidayat, mengimbau kepada warga, khususnya yang baru pulang dari bepergian ke luar negeri ataupun dari luar daerah untuk tidak langsung pulang ke rumah berkumpul bersama keluarganya. Mereka diharap langsung menuju ke rumah sakit untuk memeriksakan kesehatannya. Pemeriksaan itu dinilai sangat membantu dalam mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona. Apalagi, pemeriksaan itu gratis tanpa dipungut biaya.

“Periksaan itu berupa pengambilan sampel darah yang hasilnya juga bisa diambil hari itu juga, setengah jam setelah pemerisaan,” kata Hidayat usai memimpin rapat khusus membahas pencegahan dini penularan Covid-19 di ruang kerjanya, Jumat (20/03) sore.

Ia menegaskan, hal itu berlaku bagi siapa saja yang baru datang dari luar daerah, terutama daerah yang sudah terpapar Covid-19.

“Manfaat dari pemeriksaan tersebut yakni untuk melindungi dirinya, melindungi keluarganya dan melindungi masyarakat secara umum,” terangnya.

Ia juga meminta kepada pihak media untuk tidak memuat pemberitaan yang dapat meresahkan masyarakat.

“Saya minta semua media, tolong dibantu untuk menyampaikan informasi yang positif kepada masyarakat. Jangan menggelisahkan masyarakat,” tekannya.

Sehari sebelumnya, Hidayat yang baru pulang dari perjalanan ke Jakarta juga langsung memeriksakan diri ke rumah sakit Anutapura, setelah melewati serangkaian proses di Bandara Mutiara SIS Aljurfri.

Menurutnya, pemeriksaan diri itu adalah bentuk kesadaran dirinya sendiri, dengan harapan bisa menjadi contoh bagi warga lain, terutama yang baru pulang dari luar daerah. (HAMID)