Walhi Minta Pembukaan Lahan Penyangga Pangan IKN Jangan Rusak Daerah

oleh -
Sunardi Katili

PALU- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyiapkan lahan 30.000 hektare di Kecamatan Sindue dan Kecamatan Sindue Tobata, Kabupaten Donggala untuk penyangga pangan bagi Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur.

Selain Sindue dan Sindue Tobata, Pemprov juga membuka lahan seluas 1.123,59 hektar di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala sebagaimanan tertuang dalam Keputusan Gubernur Sulteng Nomor 504/117.1/DBMPR-G.ST/2022 tanggal 28 Maret 2022 menetapkan Desa Talaga sebagai kawasan strategis pangan nasional.

“Dalam kawasan penyedia pangan nasional tersebut terdapat daerah penyangga atau buffer zone sebagai penjaga zona inti hutan, yang mesti dilestarikan dan dijaga sehingga tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Juga pembukaan kawasan tersebut berharap dapat memberikan manfaat secara ekonomis bagi masyarakat sekitar kawasan,” kata Direktur WALHI Sulteng , Sunardi Katili dalam keterangan tertulis diterima MAL Online, Jum’at Tengah (17/6/2022).

Diketahui baru-baru ini, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi menugaskan tim teknis dari beberapa kementrian terkait kunjungan ke Sulteng selama 4 hari sejak 15 Juni hingga 18 Juni 2022, guna melakukan kajian dan mematangkan rencana pengembangan pangan terintegrasi, dan berharap pada September 2022 mendatang Presiden Jokowi melakukan penanaman perdana pada kawasan strategis pengembangan pangan Nasional.

Reporter: Ikram
Editor: Nanang