Wagub Sulteng Lepas Kontingen POMNAS dan Porwanas

oleh -
Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir melakukan foto bersama dengan kontingen atlet Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke XIII, saat pelepasan kontingen Porwanas dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke XIIV Bertempat di Aula Prodi Kedokteran Untad. Wagub Sulteng Mamun Amir, didampingi Rektor Untad Mahfud, Ketua KONI Provinsi Nizar Rahmatu, Ketua PWI Provinsi Sulawesi Tengah Tri Putra Toana. Dok: Ist

PALU -Kontingen Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) dan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) secara resmi dilepas oleh Wakil Gubernur Ma’mun Amir.

Kontingen akan mengikuti POMNAS Ke XVII Padang Sumatra Barat dan Porwanas ke XIII Malang , Jawa Timur tanggal 17-20 Nopember mendatang.

Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir berpesan kepada para atlet mahasiswa agar menjaga integritas dan sportivitas olahraga, agar yang menang nantinya tak perlu sombong, dan yang kalah tetap semangat mengejar pada pentas berikutnya untuk mengejar prestasi kemudian.

Atlet Mahasiswa Tadulako yang akan dikirim sebanyak 38 Atlet dan 2 atlet mahasiswa universitas swasta dan sebanyak 14 pelatih dan manajer. Dan atlet mahasiswa yang bertanding di POMNAS XVII sudah melalui tahapan seleksi yang sangat ketat, dengan harapan atlet mahasiswa mendapatkan medali emas.

“Jaga integritas berolahraga, jaga sportifitas. Menang gak usah perlu jumawa, karena ini pertandingan diantara anak-anak bangsa. Bahwa saling berlomba mendapatkan yang terbaik dan medali emas pasti dilakukan, tapi sportivitas jadi penting,” ujar Wagub Sulteng Ma’mun Amir, pada saat melepas kontingen di Aula Prodi Kedokteran Untad, Selasa (15/11).

Lebih lanjut, ia menjelaskan jika atlet yang terpilih di ajang Pomnas merupakan anak-anak yang mempunyai bakat yang potensial. Sehingga, ia meminta agar para pendidik untuk mengasah kemampuan atlet agar bisa bertanding dalam kancah internasional.

Selanjutnya Ketua Kontingen Porwanas XIII Tahun 2022 Moh. Irwan, menyampaikan bahwa jumlah atlet wartawan yang mengikuti Porwanas ini sebanyak 24 atlet wartawan dan tujuh official. Sehingga jumlah kontingen Porwanas sebanyak 31 peserta dan diharapkan atlet Porwanas dapat mengukir prestasi dan mendapatkan medali emas, sehingga membawa harum dan membanggakan Sulteng.

Rektor Universitas Tadulako Mahfud, menyampaikan harapan civitas Universitas Tadulako, bahwa atlet yang berlaga di POMNAS dapat mengharumkan nama Universitas Tadulako. Demikian juga kontingen Porwanas semoga mengukir prrestasi yang membanggakan.

Rektor juga menyampaikan bahwa pelepasan kontingen atlet POMNAS dan Porwanas kali merukan bentuk kerja sama yang baik yang dibangun PWI dan Untad.

“Semoga kerja sama ini kedepan dapat terus ditingkatkan,” harapnya.

Selanjutnya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada atlet-atlet wartawan dan atlet-atlet mahasiswa yang akan bertanding pada Porwanas dan POMNAS 2022.

Dia berpesan  pertama, kembangkan silaturahmi dan persahabatan dengan kontingen daerah lainnya. Kedua berikan imej yang baik tentang Sulteng.

“Tolong kenalkan dan promosikan daerah kita lewat ajang Porwanas dan POMNAS,” imbuhnya.

Ketiga,  tampil lah dengan gagah berani, dengan semangat pantang menyerah, optimis dan jangan takut menghadapi atlet-atlet daerah lain yang punya tradisi juara.

Reporter: Irma
Editor: Nanang