Tour de Borneo, Pengalaman Menantang Membelah Rimba Kalimantan bersama Yamaha XMAX Connected

oleh -

PALU – Rangkaian touring Navigate to The MAX yang merupakan perjalanan eksplorasi dalam menggali kekayaan alam dan budaya Nusantara besama skutik XMAX Connected, kini telah memasuki lembaran baru. Setelah sebelumnya menyambangi Pulau Bali, Jawa, Sumatera dan Sulawesi, dengan jarak tempuh mencapai hampir 3.000 kilometer, eksplorasi pun mulai memasuki pulau Kalimantan.

Pada perjalanan kali ini, rombongan biker yang terdiri dari awak media nasional dan komunitas lokal Maxi setempat, akan membuktikan langsung ketangguhan generasi terbaru XMAX dengan menaklukan jalur trans Kalimantan dari wilayah timur (Kaltim) menuju barat (Kalbar). Total jarak yang akan ditempuh mencapai lebih dari 2.000 kilometer dan memakan waktu selama 10 hari perjalanan (15 – 24 September 2023).

Mengingat jarak yang sangat jauh tersebut, touring ini pun akan dibagi kedalam 3 etape, yakni rute (1) Kalimantan Timur – Kalimantan Selatan, (2) Kalimantan Selatan – Kalimantan Tengah, dan terkahir (3) Kalimantan Tengah – Kalimantan Utara.

“Catatan perjalanan eksplorasi bumi nusantara bersama XMAX Connected akan semakin lengkap dengan dimulainya touring Navigate to The MAX Tour de Borneo. Keanekaragaman budaya, masyarakat, kuliner, hingga keindahan alam Pulau Kalimantan, dipastikan akan memberikan kesan yang tidak terlupakan kepada para peserta touring. Selain itu, jarak tempuh perjalanan yang sangat jauh dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah, tentunya turut menjadi pembuktian atas reputasi XMAX Connected sebagai motor terbaik untuk kebutuhan touring jarak jauh. Baik itu dari segi fitur teknologi, performa mesin, kenyamanan posisi berkendara, hingga durabilitas motor itu sendiri. Maka tidak heran jika sampai dengan saat ini, jajaran skutik Maxi termasuk XMAX, masih menjadi model yang paling diinginkan oleh Masyarakat di Kalimantan sebagai dream bike mereka,” ungkap Harry, General Manager Sales & Marketing PT STSJ selaku Main Dealer Yamaha di area Kaltara, Kaltim, Kalteng dan Kalsel.

Untuk etape awal dengan rute Kaltim menuju Kalsel yang telah berlangsung pada 15 – 18 September, para rombongan peserta mengambil titik keberangkatan dari Sentral Yamaha Balikpapan. Di hari pertama, tujuan touring mengarah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara yang memiliki medan jalan membelah hutan dengan kontur tanah perbukitan. Setelah itu, peserta juga mengunjungi Bukit Bangkirai yang merupakan Kawasan hutan konservasi tempat pelestarian flora dan fauna endemik khas pulau Kalimantan.

Sementara di hari kedua, perjalanan dilanjutkan ke arah Selatan menuju Kota Banjarmasin yang mengharuskan peserta menyebrangi Sungai Wein terlebih dahulu melalui Pelabuhan Kariangau. Setelah menyebrang rombongan pun bergerak menyusuri jalur trans Kalimantan dengan melalui Kota Penajam Utara, Tanjung,  serta Kandangan, sebelum akhirnya tiba di Banjarmasin.

Dan di hari ke-3, perjalanan lebih difokuskan untuk mengeksplorasi berbagai spot wisata kota Banjarmasin yang terkenal dengan julukan kota ‘Seribu Sungai’ ini. Adapaun lokasi yang disinggahi meliputi Pasar Apung Siring, Tugu Bekantan, Masjid Sultan Suriansyah dan Menara Sungai Martapura.

Dengan beragam jalur dan tempat menarik yang disinggahi, para peserta yang ikut pada touring Navigate to The MAX Tour de Bromo etape pertama pun mengaku senang dan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Handoko, anggota Komunitas Skutik Maxi Wirabuana Balikpapan.

“Seru banget bisa mendapatkan kesempatam menjelajah Pulau Kalimantan dari Balikpapan menuju Banjarmasin. Meskipun jarak yang ditempuh jauh, namun ini semua terbayarkan dengan berbagai pengalaman seru yang didapatakan ketika mengunjungi berbagai tempat-tempat menarik. Seperti Bukit Bangkirai, Pasar Apung Seruni dan masih banyak lagi. Selain itu, kualitas berkendara XMAX Connected yang punya banyak fitur unggulan seperti navigasi sistem, posisi berkendara super nyaman dan perfoma mesin 250cc yang powerfull membuat perjalanan ini terasa semakin fun,” ungkapnya.

Pada 18 – 20 September perjalanan etape kedua dengan rute Kalimantan Selatan ke Kalimantan Tengah dan kembali melibatkan para biker Maxi lokal.

Reporter: Irma/***