Tingkatkan Minat Baca, BI Corner SMAN 3 Palu Diresmikan

oleh
KPw BI Sulteng, Moh. Abd. Majid Ikram dan Kepala SMA Negeri 3 Palu saat berada di BI Corner yang baru saja diresmikan, Selasa (21/01). (FOTO: MAL/IKRAM)

PALU – Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulteng, Moh. Abdul Majid Ikram meresmikan BI Corner di SMA Negeri 3 Palu, Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, Selasa (21/01).

Peresmian BI Corner tersebut ditandai dengan penandatangan perjanjian kerja sama dan pengguntingan pita.

Kepala KPw BI Sulteng, Moh. Abdul Majid Ikram, mengatakan, BI Corner merupakan salah satu program kepedulian BI yang menyasar bidang pendidikan.

Ia menyebutkan ada beberapa program dilakukan, di antaranya pemberian beasiswa dan BI Corner, taman baca dan bantuan lainnya.

Khusus BI Corner, kata dia, pihaknya menyediakan pojok baca bagi dunia pendidikan, baik perguruan tinggi maupun tingkat sekolah.

“Khusus tingkat sekolah dasar ada taman baca,” katanya.

Tujuan dari BI Corner, lanjut dia, adalah untuk mengembalikan minat baca para mahasiswa atau siswa. Sebab, dengan semakin banyak membaca, maka kapasitas dan kualitas dari yang bersangkutan sendiri akan meningkat.

Saat ini di Sulteng sendiri kata dia, telah ada sekitar 13 BI Corner dan rencananya akan terus diperbanyak.

“Hanya saja, tidak semua sekolah dan perguruan tinggi mendapat BI Corner, sebab butuh ruang dan pengelola,” terangnya.

Ia menambahkan, bantuan buku-bukunya sendiri disesuaikan dengan tingkat pendidikan yang bersentuhan dengan ekonomi.

Selain itu, lanjut dia, BI Sulteng juga telah memberikan bantuan beasiswa pada tiga perguruan tinggi di Sulteng, yakni Universitas Tadulako (Untad), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu dan Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, masing-masing perguruan tinggi sebanyak 50 orang.

Kepala SMA Negeri 3 Palu, Idris Ade mengapresiasi BI Sulteng atas kepeduliannya terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam meningkatkan minat baca siswa.

“Semoga dengan adanya BI Corner ini bermanfaat dan bukan akhir dari cerita. Masih ada bantuan lainnya,” harapnya.

BI Corner di SMA Negeri 3 Palu adalah yang ke-13. Sementara 12 lainnya masing-masing terdapat di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulteng, di Universitas Tadulako (Untad), IAIN Palu, Unismuh Palu, Universitas Alkhairaat (Unisa), Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Parigi Moutong, Unsimar Poso, Universitas Tompotika Luwuk, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tojo Una-Una, SMAN 1 Buol, SMAN 1 Tolitoli, dan SMAN 1 Petasia, Morowali Utara. (IKRAM)