Sigi Raih Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak

oleh -
Kabupaten Sigi masuk dalam deretan Kabupaten yang layak anak, pada ajang Apresiasi Kabupaten Layak Anak (KLA), di Bogor, Sabtu (23/7). FOTO: IST

PALU – Kabupaten Sigi meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak, pada ajang Apresiasi Nasional tentang Kabupaten Layak Anak (KLA) oleh Kementrian Perempuan dan Anak, dalam rangka Hari Anak Nasional, di Kota Bogor, Sabtu (23/7).

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Tengah, Zubair mengatakan, kriteria sebagai \KLA harus memenuhi lima cluster, 24 variabel pengelolaan ruang-ruang layak anak. Misalnya sekolah, mushola, dan Puskesmas layak anak.
“Telah dikukuhkan bahwa satu kabupaten di Sulawesi Tengah mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak atau KLA yakni adalah kabupaten Sigi. Kegiatan Hari Anak Nasional dihadiri dan dipimpin oleh Menteri PPA, ibu Bintang Puspayoga,” ujar Zubair kepada Media Alkhairaat Online, Sabtu (23/7).

Zubair mengatakan, kabupaten layak anak adalah kabupaten yang pimpinan daerahnya mampu mengorganisasi perangkat daerahnya, membentuk satuan tugas (Satgas) dan bekerjasama dalam mengaplikasi Rencana Aksi Daerah (RAD), untuk melindungi perempuan.dan anak. Selanjutnya, disampaikan, kabupaten lain dapat mengikuti hal tersebut.

“Lima tahun sebelumnya kabupaten yang raih penghargaan KLA adalah Kabupaten Parimo, kemudian baru Kabupaten Sigi. Tropi penghargaan akan diserahkan awal Agustus mendatang diserahkan pada Hari Anak Provinsi,” ujar Zubair.

Reporter: IRMA
Editor: NANANG