Rusdy Mastura: STQH Ajang Edukasi Umat Cintai Alqur’an

oleh -261 Kali Dilihat

BALUT- Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura membuka secara resmi STQH XXVI Tingkat Provinsi Sulteng di Kabupaten Banggai Laut (Balut) 2021.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura didampingi Wakil Gubernur, Ketua Penggerak PKK, Ketua DPRD, dan Forkompimda mengikuti Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an & Hadist STQH XXVI Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) di Kabupaten Banggai Laut Tahun 2021.

Pertemuan tersebut dilaksanakan secara Virtual di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tengah Jumat (27/8).

“Tujuan pelaksanaan STQH ini adalah memilih peserta terbaik Provinsi Sulawesi Tengah yang nantinya diikut sertakan pada STQH Tingkat Nasional di Provinsi Maluku Utara 2021,” kata
Bupati Balut Sofyan Kaepa, selaku Ketua Umum Pelaksana STQH dalam laporannya.

Sofyan mengatakan, cabang-cabang di lombakan yakni, cabang Hafidz Qur’an golongan juz 1,5 dan 6, Tilawah golongan juz 10, 20 dan 30, cabang Hafalan 100 hadist dan 500 hadist, Cabang Lomba Tilawatil Qur’an golongan anak-anak dan dewasa, serta cabang Fasih Bahasa Arab.

“STQH tersebut diikuti oleh 208 peserta, yaitu Kota Palu 20 peserta, Kabupaten Banggai 17 Peserta, Banggai Laut 16 peserta, Bangkep 17 peserta, Tojo Una-una 9 peserta, Parmout 18 peserta dan Kabupaten Donggala 13 peserta,” kata Sofyan kepada MAL Online, Sabtu (28/8).

Selanjutnya, Kabupaten Sigi 16 peserta, Toli-toli 16 peserta, Buol 19 peserta, Poso 18 peserta, Morowali 12 peserta dan Kabupaten Morut 17 peserta.

Rusdy Mastura mengatakan, ajang STQH memiliki tujuan besar yakni, upaya untuk mengedukasi umat agar semakin mencintai Al-Qur’an, memberantas buta aksara Al-Qur’an, menyempurnakan akhlak dan perilaku umat, meluruskan niat untuk membangun Sulawesi Tengah ke depan.

“Semoga momentum STQH ke -26 ini, dapat memberikan energi spiritual dan energi sosial kepada kita semua untuk iklas saling membantu, berbagi dan meringankan beban saudara-saudara kita dalam kesulitan tanpa harus melihat status perbedaan yang membatasi kita,” harapnya.

Turut hadir Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Persaudaraan Qori-Qoriah dan Hafidz-Hafidzah, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten/Kota, Sekda Kabupaten/Kota, Kanwil Kementrian Agama, Ketua MUI, Ketua Umum LPTQ, Dewan Hakim, Forkompinda se-Sulawesi Tengah. (Ikram)