Relawan Muda Seni Tradisi untuk Ahmad Ali Dideklarasi

oleh -

PALU- Ahmad Ali, bakal calon gubernur Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah (Pilgub Sulteng) 2024, terus menggalang dukungan dari berbagai sektor, termasuk partai politik dan kelompok masyarakat.

Hari ini, Ahad, 9 Juni 2024, sekelompok pemuda Generasi Z baru resmi menyatakan dukungannya. Kelompok ini diberi nama Relawan Muda Seni Tradisional untuk Ahmad Ali.

Deklarasi berlangsung di Kantor Banuata di Jalan Teluk Tomini, Kota Palu. Sesuai dengan namanya, Relawan Muda Seni Tradisional untuk Ahmad Ali terdiri dari individu-individu muda aktif terlibat dalam seni tradisional.

Pembentukan kelompok tersebut diprakarsai oleh seniman Banua Tari Kabasara dan Komunitas Pemuda Berbudaya (IPB) Sulawesi Tengah. Acara deklarasi diawali dengan penampilan tari Bangubinge Tara yang menampilkan perempuan-perempuan Kaili Tara, subetnis berada di Lembah Palu.

Puluhan mata tertuju pada gerak empat orang penari yang menampilkan Tari Bangubing Tara di panggung utama Kantor Banuata dengan mengenakan kostum rancangan Banua Tari Kabasara.

Selain tari Bangubing Tara, acara tersebut juga menampilkan pertunjukan musik etnik.

Ivha Abdillah, koordinator Relawan Muda Seni Tradisional, menjelaskan keputusannya bergabung dengan Banuata, komunitas relawan yang sebelumnya mendeklarasikan dukungannya terhadap Ahmad Ali. Sejak dicanangkan pada 20 Mei 2024, Banuata mengedepankan keberagaman dan persatuan dengan tagline #SultengRumahBersama.

“Nilai-nilai keberagaman dan pluralisme harus tetap dijaga. Kami sebagai seniman berasal dari berbagai latar belakang,” kata Ifa.

Ifa meyakini Ahmad Ali merupakan satu-satunya calon yang berkomitmen melestarikan seni dan budaya tradisional daerah. Seniman seperti dia sering menghadapi tantangan, termasuk kurangnya dukungan material dan ruang untuk berekspresi artistik.

Terlepas dari tantangan tersebut, para seniman tradisional terus berkarya, seringkali menggunakan dana pribadi untuk mewakili Sulawesi Tengah di acara-acara nasional. “Kami tidak ingin tradisi Sulawesi Tengah luntur. Pertunjukan budaya kini semakin langka. Pemilu 2024 adalah harapan kami, dan kami melihat Ahmad Ali lebih memperhatikan masalah ini dibandingkan kandidat lainnya,” tambah Ifa.

Rafiq, Wakil Sekjen Banuata menyambut kedatangan Relawan Muda Seni Tradisional untuk Ahmad Ali dalam gerakan #SultengRumahBersama. Ia menegaskan, relawan Banuata tidak terafiliasi dengan partai politik mana pun.

“Banuata beranggotakan anak-anak muda, antara lain musisi, wirausahawan, tokoh pemuda, seniman, pekerja kreatif, pembuat konten, dan profesional dari berbagai bidang. Pilihan kami untuk mendukung Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri sudah dipertimbangkan dengan baik,” kata Rafiq.

Reporter : IKRAM/Editor: NANANG