Rektor Unisa Minta Mahasiswa KKN Disiplin Jalankan Prokes Covid-19

oleh -72 Kali Dilihat

PALU- Masih tingginya warga yang terpapar Covid-19, Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa), Dr. Umar Alatas meminta mahasiswa KKN Unisa angkatan 48 menjadi pelopor di masyarakat, untuk mengkampanyekan dan memberikan contoh disiplin protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saya meminta Mahasiswa KKN angkatan 48 ini, membantu pemerintah mengkampanyekan sekaligus memberikan contoh atau akhlak yang baik di tengah-tengah masyarakat, terkait dengan disiplin pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Rektor saat memberikan pembekalan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), tematik Covid-19, di aula Unisa, Sabtu, (14/8).

Menurut Rektor Umar Alatas, di tengah suasana Covid-19 yang belum menunjukkan trend penurunan ini, agar seluruh insan akademik, khususnya mahasiswa KKN Unisa agar jangan berhenti bermunajat kepada Allah SWT, seraya berikhtiar dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Lazimnya di Perguruan Tinggi, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), merupakan implementasi dari TRI Dharma Perguruan Tinggi, saatnya mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di masyarakat melalui pengabdian pada masyarakat.

Rektor menambahkan, proses yang dilalui saat ini adalah bagian dari praktek sejauh mana pemahaman pemahaman kalian terhadap teori yang diperoleh selama ini dibangku kuliah. Sementara itu, penelitian akan melengkapi dua dharma yakni pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.

Terkait dengan hal itu, Rektor juga berpesan agar menjaga diri dan nama baik almamater. Kehadiran kalian ditengah masyarakat membawa simbol Alkhairaat yang bermakna kebaikan.

“Ketika di masyarakat, nama besar Alkhairaat yang kalian sandang, itu menjadi taruhannya. Segala tingkah laku dan program kerja kalian harus bernilai kebaikan,” jelas Rektor.

Pada kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan motto dan visi Unisa yakni membangun Akhlakul Karimah dan menjadi Universitas Terkemuka Islami Maju dan Terpercaya tahun 2035.

Di era digital saat ini, kata Rektor, akhlak menjadi benteng untuk membendung dampak negatif yang ditimbulkannya. Dengan akhlak, bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Mana yang bisa dilakukan tanpa harus saling menyalahkan.

” Kita masuk di Unisa, ego pribadi harus ditanggalkan, mari tanamkan rasa memiliki, kejujuran dan kepercayaan itu modal utama. Jangan tanya apa yang anda dapatkan disini, tapi apa yang sudah anda berikan untuk Alkhairaat,”imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Muhamad Gulom mengatakan KKN tematik Covid-19 ini akan berakhir pada tanggal 19 September 2021 dengan jumlah dosen pembimbing lapangan enam orang.

“Mereka ini tidak berposko, KKN tematik covid-19 berupa sosialisasi pencegahan Covid-19 dan lain sebagainya disejumlah keluarahan di kota Palu. Apalagi mayoritas yang turun KKN ink adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran,” pungkasnya.

Reporter: Iwan Laki