Puluhan Anggota KPPS Sigi Kelelahan, KPU Berikan Pelayanan

oleh -
Ketua KPU Sigi Soleman

SIGI – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi Soleman mengatakan, pihaknya mengapresiasi kinerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang terus bekerja hingga saat ini dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024, yang digelar tanggal 14 Februari lalu.

Namun di balik itu kata Soleman, sebagai manusia ada beberapa anggota KPPS kelelahan dan jatuh sakit, sehingga butuh perawatan.

“Ada 22 orang anggota KPPS yang sakit karena kelelahan, setelah pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di masing-masing TPS nya,” kata Soleman.

Soleman menambahkan, satu orang anggota KPPS yang meninggal berasal dari Desa Lembantongoa Kecamatan Palolo, yang bersangkutan berjenis kelamin perempuan itu meninggal saat menjemput dokumen buku panduan KPPS di Kecamatan Dolo.

“Peristiwa ini karena kecelakaan dan sebelum pemilihan berlangsung tanggal 14 Februari lalu,” ujar Soleman.

Saat ini lanjut dia, tim sekretariat KPU Kabupaten Sigi tengah melakukan proses verifikasi, atas seluruh laporan yang berkaitan dengan penyelenggaraan ad hoc yang sakit setelah proses pemungutan dan penghitungan suara.

Reporter: Hady
Editor: Nanang