Polda Sulteng Buka Pendaftaran SIPSS 2024

oleh -

PALU – Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) membuka pendaftaran untuk menjadi anggota Polri melalui seleksi penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun 2024. Pendaftaran berlangsung mulai Senin, 8 Januari hingga Selasa, 16 Januari 2024, dan dapat dilakukan melalui website penerimaan.polri.go.id.

Kabidhumas Polda Sulteng, Kombes Pol. Djoko Wienartono, menyampaikan bahwa penerimaan SIPSS Tahun 2024 memiliki persyaratan umum dan khusus. Persyaratan umum antara lain berumur paling rendah 18 tahun, maksimal 40 tahun untuk Dokter Spesialis, maksimal 30 tahun untuk S2 dan S2 Profesi, maksimal 28 tahun untuk S1 Profesi, dan maksimal 26 tahun untuk S1 dan D IV.

Persyaratan lainnya mencakup kesehatan jasmani dan rohani yang baik, bebas narkoba, tidak terlibat dalam kasus pidana, atau pernah dipidana (dibuktikan dengan SKCK dari Polres setempat). Seleksi SIPSS terbuka untuk lulusan D4, Sarjana (S1), Sarjana Profesi (S1-Profesi), S2, dan S2 Profesi.

Djoko juga menyebutkan beberapa spesialisasi untuk Dokter Spesialis, seperti Spesialis Kesehatan Jiwa, Spesialis Patalogi Anatomik, dan Spesialis Anestesi. Selain itu, dibuka juga pendaftaran untuk S-2 Psikologi (Profesi) dan S-2 Hukum. Pendaftaran juga terbuka untuk berbagai jurusan lainnya, seperti Teknik Komputer, Informatika, Sistem Informasi, Kedokteran Umum, Kedokteran Hewan, Hubungan Internasional, dan banyak lagi.

SIPSS juga terbuka untuk lulusan D-4/S-1 Rekayasa Kriptografi, Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi, Keamanan Siber, Teknik Elektro, Teknik Penerbangan, serta S2/S1/D4 semua Prodi + Sertifikat CPL Fyling School School. Persyaratan akademis mencakup lulus dari Perguruan Tinggi atau Swasta dengan program studi terakreditasi minimal B atau Baik.

Tinggi badan minimal untuk pria adalah 162 cm, sedangkan untuk wanita adalah 157 cm, dengan berat badan seimbang sesuai ketentuan yang berlaku. Pendidikan akan dilaksanakan di Akpol Semarang selama 6 bulan.

Kabidhumas Polda Sulteng mengajak lulusan sarjana di Sulawesi Tengah untuk mendaftarkan diri sebagai anggota Polri melalui seleksi penerimaan SIPSS Tahun 2024 di Polda Sulawesi Tengah tanpa dipungut biaya atau gratis.

Reporter: IKRAM