Perbakin Donggala Target Dua Emas di Porprov ke-9

oleh -
FOTO: DOK. PERBAKIN DONGGALA

DONGGALA – Pengurus Kabupaten Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Donggala menargetkan perolehan dua medali emas pada Pekan Olahraga Provins (Porprov) Sulawesi Tengah ke-9 Tahun 2022 di Kabupaten Banggai.

Sekretaris Umum Perbakin Donggala Moh, Thoariq di Donggala, Rabu (20/07), mengatakan, terdapat dua nomor menembak yang menjadi unggulan Kabupaten Donggala, yakni dua bencrest dan metal siluet.

“Di dua nomor ini, Donggala memiliki atlet yang sudah memiliki prestasi baik daerah maupun nasional, di antaranya pada kejuaraan Perbakin Jateng Online Shooting Series Tahun 2022,” sebut Thoariq.

Ia menjelaskan, menembak merupakan salah satu cabang olahraga yang berada dibawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Olahraga menembak mulai menjadi cabang olahraga yang diresmikan pada tahun 1950.

Kemudian, pada tanggal 17 Juli 1960 organiasasi yang telah menaungi olahraga menembak adalah dengan dibentuknya nama Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin).

“Menembak merupakan olahraga kompetitif yang melibatkan tes kemahiran (akurasi dan kecepatan) dengan menggunakan berbagai jenis senjata, seperti senjata api maupun senapan angin,” jelasnya.

Thoariq menambahkan olahraga menembak dikategorikan berdasarkan jenis senjata api, sasaran dan jarak dimana target ditembak. Bila dibandingkan dengan olahraga lain, menembak adalah satu kerja yang berkesinambungan antara aksi dengan reaksi.

Dalam menembak, kata dia, setiap petembak harus memiliki ketenangan, ketahanan, dan pengontrolan diri yang ditopang dengan fisik yang baik serta keseimbangan besar yang terkontrol dan aktif.

“Untuk meningkatkan kemahiran, Perbakin Donggala telah menetapkan sejumlah program seperti upgrade peralatan atlet, pelatihan terpusat dan try out pada berbagai kejuaraan baik daerah maupun nasional,” pungkasnya. *