Penataan Lokasi FDP, Pemprov Minta Bantuan ke PT Poso Energi

oleh -

PALU – Festival Danau Poso (FDP) perlu dukungan penimbunan dan penataan lokasi, sehingga Pemerintah Daerah(Pemda) meminta dukungan PT. Poso Energy untuk melakukan penimbunan dan penataan lokasi FDP.

Hal itu diajukan oleh Kadis Parawisata Provinsi Sulawesi Tengah( Sulteng) I Nyoman Sriadijaya, saat rapat tindak lanjut Permohonan Penimbunan Lokasi Festival Danau Poso (FDP) oleh PT. Poso Energy, Jumat (15 /10).

Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir, saat memimpin rapat menyampaikan harapannya kepada Dinas terkait, dan pihak perusahaan yang melakukan penimbunan, melakukannya sesuai ketentuan dalam pelaksanaan penimbunan. Seperti melakukan kajian, dilengkapi dengan seluruh persyaratan.

“Saya minta jangan hanya penimbunan, tetapi kami harapkan juga adanya penataan lingkungan, pembangunan jalan lingkungan FDP dan pengaspalannya, sehingga dukungan bantuan tersebut memiliki dampak terhadap pemanfaatan lokasi FDP kedepan ” ujar Wagub Sulteng Ma’mun Amir.

Selanjutnya Wakil Gubernur meminta dukungan PT. Poso Energy terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah melalui pemanfaatan Air Permukaan oleh PT. Poso Energy nanti akan dilakukan perhitungannya bersama PT. PLN.

Direktur PT. Poso Energy Irma Suriani mengatakan, menjawab permintaan Pemprov, perusahaannya bersedia melakukan penimbunan lokasi FDP.

“Tetapi perlu dukungan regulasi dan persetujuan dari semua pihak pemangku kepentingan,” ujarnya.

Pada rapat tersebut disepakati beberapa hal yang sudah disepakati, pada PT. Poso Energy menyetujui dan akan menuruti permohonan pemprov Sulteng terkait penimbunan, penataan, perataan, pengaspalan dan pengerasan lahan aset pemerintah Daerah Lokasi FDP dititik 0,35 dan 0,2 serta lahan seluas 3 ha.

Kemudian, pada prinsipnya proses perlintasan dan penimbunan dapat dilakukan di atas aset pemerintah daerah, sepanjang tidak dilakukan pengerukan dan reklamasi di lokasi FDP, dan akan ditegaskan dalam Surat Balai Wilayah Sungai Sulawesi, Dinas Lingkungan Hidup akan segera menindaklanjuti hasil rapat dengan memberikan pertimbangan Teknis terhadap dokumen lingkungan hidup PT. Poso Energy.


Wakil Gubernur meminta agar kesepakatan ini segera ditindaklanjuti dan kalau tidak ada masalah terhadap ketentuan Hukum agar PT. Poso Energy segera melakukan penimbunan.

Wakil Gubernur pada kesempatan itu didampingi Kepala Dinas Parawisata I Nyoman Sriadijaya, Plt. Kadis Pendapatan Rifki Anata, Ka. BPKAD Bahran , Kepala  Dinas PLH diwakili Baso Nur Ali, BWSS III Muhammad Sunu , Sementara Pihak PT. Poso Energy Direktur PT. Poso Energy Irma Suriani bersama Jajaran.

Laporan Irma