Pemprov Dorong Penyelesaian Ranperda Penyelenggaraan Perhubungan di Rapat Paripurna DPRD

oleh -
Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Novalina

PALU – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Novalina, mewakili Gubernur H. Rusdy Mastura, menghadiri Rapat Paripurna Masa Persidangan ke-III Tahun Kelima DPRD Provinsi Sulawesi Tengah pada Selasa (11/06).

Rapat yang digelar di Ruang Sidang DPRD Provinsi ini dipimpin oleh Wakil Ketua-I DPRD Sulawesi Tengah, Mohammad Arus Abdul Karim, dan dilanjutkan dengan penyerahan pernyataan kesiapan dari berbagai fraksi, termasuk Fraksi Nasdem, Golkar, Gerindra, PDIP, Demokrat, PKB, PKS, dan Amanat Rakyat, dalam menyampaikan pandangan umum mereka.

Agenda rapat kali ini mencakup beberapa rancangan penting, di antaranya Ranperda Penyelenggaraan Keolahragaan dan Kepemudaan, Ranperda Pengelolaan Sumber Daya Air, Ranperda Pemberdayaan Hasil Harmonisasi, serta Ranperda Penyelenggaraan Perhubungan.

Sekretaris Daerah Novalina menyoroti pentingnya penyusunan Ranperda Penyelenggaraan Perhubungan, yang telah lama dinantikan dan melalui berbagai diskusi panjang selama beberapa tahun terakhir.

“Kebijakan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan telah melahirkan berbagai undang-undang yang mendorong pemerintah daerah, khususnya Dinas Perhubungan, untuk memiliki landasan hukum dalam pengambilan kebijakan,” ujar Novalina. Landasan hukum ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan serta pelayanan publik.

Novalina juga menekankan bahwa struktur Ranperda ini masih membutuhkan masukan, kritikan, dan uji publik guna penyempurnaan sebelum menjadi Peraturan Daerah. Dia berharap rancangan ini dapat menerima masukan konstruktif yang akan memperkuat regulasi.

Terkait tugas Dinas Perhubungan, ia mengungkapkan pentingnya analisa dampak lalu lintas dari pembangunan pusat kegiatan, pemukiman, infrastruktur, dan pengaturan jalan. Saat ini, ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi sepanjang 1.847 Km baru memiliki 4% marka jalan, 2% rambu terpasang, dan 4% lampu penerangan jalan umum. Pemenuhan ini merupakan langkah untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan.

Harapan Sekdaprov adalah agar Ranperda ini selalu mengutamakan keselamatan, keamanan, dan pelayanan sarana dan prasarana transportasi yang sesuai standar pelayanan. Dengan demikian, teknologi transportasi yang efisien dan ramah lingkungan dapat terwujud.

Novalina menyatakan dukungan penuh terhadap usulan Ranperda ini dan berharap prosesnya berjalan dengan cermat dan seksama. Rapat ini turut dihadiri oleh Unsur Forkopimda Sulteng, para Anggota DPRD Provinsi, serta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Reporter: IRMA/***
Editor: NANANG