Pemdes Diminta Siapkan 3 Hektar Lahan Antisipasi Krisis Pangan

oleh
Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta saat melakukan video conference bersama sejumlah NGO, baru-baru ini. (FOTO: HADY)

SIGI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi mengimbau kepada seluruh pemerintah desa (pemdes) untuk menggunakan Dana Desa (DD) pada kegiatan di bidang kesehatan, khususnya dalam pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Dana yang dimaksud juga bisa digunakan untuk menjaga ketahanan pangan di desa.

Dengan itu, pemdes harus menyediakan beras sebanyak 2 ton dari anggaran Dana Desa tersebut.

Hal ini disampaikan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta saat melakukan video conference bersama sejumlah NGO yang pernah membantu Kabupaten Sigi saat bencana alam 2018 lalu, baru-baru ini.

Bupati menyampaikan pada pemdes agar menyiapkan lahan seluas 3 hektar untuk ditanami tanaman konsumtif sebagai antisipasi manakala terjadi krisis pangan di tengah pandemi saat ini.

“Lahan tiga hektar yang disiapkan pemdes di masing-masing wilayahnya. Ini sebagai antisipasi pangan bila bencana Covid-19 berkepanjangan,” katanya di dalam pertemuan tersebut.

Tentu, kata dia, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi juga telah mengalokasikan dana khusus dalam penanganan pandemi Covid-19 sebesar Rp31 miliar.

Ia berharap, kiranya masyarakat dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sigi. (HADY)

Iklan-Paramitha