Pelatihan Peningkatan Kapasitas Damkar Kota Palu Selesai

oleh

PALU – Staf Ahli bidang Sosial Budaya Kota Palu, Usman, secara resmi menutup pelatihan peningkatan kapasitas personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, di halaman kantor tersebut, Jumat (13/12).

Usman mengatakan, dengan berakhirnya pelatihan ini, tentu banyak hal yang didapatkan, sehingga bisa diterapkan di lapangan, baik ketika terjadi kebakaran maupun memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana langkah-langkah yang diambil jika terjadi kebakaran.

“Sebagai petugas pemadam kebakaran tentu dituntut harus cakap dan tanggap dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” katanya.

Kota Palu sebagai daerah perkotaan, lanjut dia, terus mengalami peningkatan jumlah penduduk. Secara tidak langsung, meningkat juga jumlah perumahan, pemukiman, serta pembangunan fasilitas gedung, baik untuk perkantoran maupun perdagangan.

Namun, kata dia, kadang kondisi ini belum diimbangi dengan ketersediaan sarana dan prasarana mitigasi pemadam kebakaran, serta jumlah personel pemadam kebakaran yang masih terbatas, jika dibandingkan dengan rasio luas layanan wilayah di Kota Palu.

“Selaku pimpinan, kami mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan seperti ini, sebab dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada petugas Damkar khususnya, dengan teknik pencegahan, pemadam kebakaran, serta penyelamatan jiwa atau evakuasi sembari peningkatan kewaspadaan masyarakat pada umumnya tentang bahaya kebakaran yang senantiasa mengintai mereka,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, ia berpesan kepada personel Damkar agar memiliki kebanggaan dan jiwa semangat tidak pulang sebelum api padam, harus dipertahankan untuk menumbuhkan jiwa heroik.

Reporter : Hamid

Editor : Rifay

Donasi Bencana Sulbar