Palu Lawyers Club Akan Kupas Kebijakan Penanganan Covid 19 di Palu

oleh -314 Kali Dilihat

PALU- Palu Lawyers Club (PLC) akan melaksanakan diskusi melalui aplikasi via zoom meeting dengan tema “Penerapan dan Dampak Kebijakan Penanganan COVID-19 di Kota Palu”.

Kegiatan diskusi akan dilakukan via Zoom Meeting dengan Meeting id : 817 326 6463, passcode : 12345, Jumat (1/10) mendatang.

Diskusi tersebut, menghadirkan narasumber, Hi. Hadianto Rasyid, (Walikota Palu), Mutmainah Korona, (Ketua Komisi A DPRD Kota Palu), Irwanto Lubis, (Ketua Umum Palu Lawyers Club), Deny Taufan, (Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu)
dan Bino A. Juwarno (Ketua Forum Kerukunan Sari Laut Palu)

Sebagai pemandu diskusi, Sekretaris Bidang Riset PLC, Idris Mamonto.

Sekretaris Umum PLC Harun mengatakan, pandemi Covid -19, melanda negeri kita sudah hampir satu setengah tahun. Berbagai cara telah dilakukan pemerintah, baik di tingkat nasional maupun di daerah, guna menanggulangi, sekaligus menghentikan penularan virus berbahaya tersebut.

“Upaya dilakukan pemerintah telah menunjukan hasil menggembirakan. Hal itu dapat dilihat dari melandainya angka penularan, beberapa pekan terakhir, termasuk di kota Palu,” kata Harun kepada MAL Online, Selasa (28/9).

Terlepas dari hasil positif ditorehkan, kata dia, penerapan kebijakan penanggulangan pandemi Covid -19, memiliki beberapa catatan belum terselesaikan dengan baik.

Diantaranya, menurutnya, minimnya sosialisasi dari pemerintah berkaitan dengan kriteria dan prosedur penetapan program pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pemberian vaksin kepada anak di bawah umur, adanya kecenderungan penggunaan keterangan vaksin sebagai syarat pengurusan administrasi dan masalah lainnya.

“Masalah-masalah tersebut masih menimbulkan berbagai tanda tanya di masyarakat,” sebutnya.

Ia menambahkan, tanda tanya di tingkat masyarakat ini, harus dijelaskan oleh pemerintah. Sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dengan baik dan membantu pemerintah dalam menyukseskan program pembangunan, termasuk dalam penanggulangan pandemi Covid- 19.

Berangkat dari masalah tersebut tambahnya, sebagai bentuk partisipasi dalam penanggulangan pandemi itulah PLC melaksanakan diskusi.

“Masyarakat turut berpartisipasi dalam diskusi tersebut, “harapnya.

Reporter: IKRAM/Editor: NANANG