Optimalkan Transformasi, Jasa Raharja Bukukan Kinerja Positif Semester I Tahun 2021

oleh -

SULTENG – PT Jasa Raharja berhasil mencetak kinerja positif pada semester I Tahun 2021, sebagai badan usaha penyelenggara program perlindungan dasar kecelakaan penumpang dan lalu lintas jalan.

Semester I Tahun 2021,  di tengah kondisi pendemic, PT Jasa Raharja menunjukan kinerja penyerahan santunan korban meninggal dunia mengalami peningkatan kecepatan.

Kecepatan penyerahan santunan meninggal dunia sd semester I 2021 rata-rata satu hari 10 jam lebih cepat satu hari 14 jam dari target 3 hari. Sedangkan untuk korban luka-luka yang dirawat di Rumah Sakit sebanyak 89,46 persen, korban santunannya dibayarkan langsung kepada rumah sakit atau melalui metode penjaminan santunan, hal ini meningkat 1,47 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dan naik 1,96 persen dibandingkan dengan target 2021 87,5 persen.

Kecepatan pelayanan ini diikuti oleh peningkatan penyerahan santunan dimana sampai dengan semester I tahun 202, Jasa Raharja telah menyerahkan santunan sebesar Rp 1,16 Triliun atau naik 3,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp 1,12 Triliun.

“Capaian kinerja Pelayanan Jasa Raharja dapat diraih melalui strategi transformasi proses bisnis yang dijalankan. Sinergi system pelayanan diantaranya data kecelakaan dengan Korlantas Polri melalui IRSMS, data kependudukan dengan Ditjen Dukcapil, data Pasien dan penjaminan dengan RS, data kepesertaan dengan SJSN dan cash management system dengan perbankan, ” ucap Direktur utama PT Jasa Raharja Sulteng, Rivan Achmad Purwanyo , Selasa (19/09).

BACA JUGA :  Kanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Lomba Kreatif HAM

Kata Rivan, terkini Jasa Raharja menerapkan system aplikasi System Verifikasi Rawatan Digital (SiVera). System yang merupakan sinergi dengan pihak ketiga dalam pengendalian biaya rawatan korban, sehingga verifikasi dapat dilakukan secara online dan dapat memonitor biaya rawatan pasien day to day sampai selesai menjalani perawatan di rumah sakit.

Dia mengatakan, selain penanganan pasca terjadinya kecelakaan, Jasa Raharja juga memiliki tanggungjawab untuk turut serta bersama pemerintah dalam rangka program pencegahan kecelakaan.

“Pada Lebaran Tahun 2021 ini Jasa Raharja meluncurkan program Mudik OnLine Aman Enak (MOL-AE) dimana program ini memberikan fasilitas kuote internet gratis, ” katanya.

Program yang baru pertama kali diluncurkan ini diikuti oleh tidak kurang dari 5 ribu peserta, dengan tujuan agar masyarakat dapat tetap bersilaturahmi dengan keluarga secara virtual sebagai alternatif mudik Lebaran 2021. Dengan program ini pencegahan kecelakaan dan pencegahan penyebaran covid-19 akibat dari meningkatnya mobilitas masyarakat dapat tercapai.

Rivan menyampaikan, sebagai wujud kepedulian Jasa Raharja kepada masyarakat, juga menyelenggarakan program tanggung jawal social kepada masyarakat melalui berbagai program diantaranya, bantuan social kepada korban bencana alam, dan pemberdayaan ekonomi seperti, Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Pesisir di Desa Kulati, Kecamatan Tumia, Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Pelatihan Wirausaha kepada ahli waris korban kecelakaan. Pemberian alat bantu mobilitas. JR Resilience, yaitu pelatihan digital dan barista kepada disabilitas dan penerima manfaat Jasa Raharja. Penyaluran dana UMK bekerjasama dengan Bahan Artha Ventura (BAV).

BACA JUGA :  Gerakan Akar Rumput Bentuk 1000 Posko Anti Politik Uang

Kemudian, Program go green mulai dari penanaman mangrove sampai dengan penanaman pohon dan restorasi terumbu karang. Program Traffic Hero, yaitu penghargaan kepada seseorang/komunitas yang membantu program pencegahan kecelakaan. Youth Innovation Contest ajang perlombaan inovasi untuk mencari solusi untuk mengurangi angka kecalakaan lalu lintas.

“Untuk mendukung inovasi-inovasi itu, Jasa Raharja melakukan transformasi digital proses bisnis internal, diantaranya penerapan system DASI-JR, system keuangan ORACLE, tata persuratan digital SIAP-JR, system pelaporan manajemen resiko digital SIMMR, tata Kelola sdm melalui HRIS, MOVIS dan tentunya JRku” tambah Rivan.

Aplikasi JRku yang terus dikembangkan menjadi sarana kemudahan bagi masyarakat dalam aktivitas seperti pelaporan kecelakaan, pengajuan santunan online, early warning system pembayaran pajak kendaraan bermotor, kemudahan pembayaran perlindungan penumpang angkutan umum, dan petunjuk perjalanan yang aman.

“Dengan transformasi digital ini maka system tata Kelola perusahaan dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin cepat dan mudah serta dapat berkontribusi dengan memberikan deviden kepada Negara” tutup Rivan

BACA JUGA :  Putusan MK Diterima, Cudy Menangis dan Bersyukur

Berkat inovasi dan transformasi proses bisnis ini berdampak kepada kinerja keuangan Jasa Raharja dimana pada semester I 2021 yang mengalami peningkatan Laba sebesar 77,14 persen, atau sebesar Rp 877,84 Miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 495,56 Miliar.

“Capaian tersebut tentunya kontribusi dari kinerja Pendapatan dengan realisasi sebesar Rp 2,91 Triliun atau naik 16,40 persen. Sementara dari sisi biaya, yakni sebesar Rp1,90 Triliun atau turun 2,24 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020, dengan demikian Perusahaan dapat melakukan efisiensi, ” ucap Kepala PT Jasa Raharja Sulteng, Suryadi SE.

Total aset Jasa Raharja tercatat sebesar Rp 15,14 Triliun sedangkan ekuitas sebesar Rp 12,04 Triliun. Hingga Semester I Tahun 2021, Jasa Raharja juga tercatat memiliki permodalan yang kuat, dengan rasio risk based capital (RBC) sebesar 672,84 persen,

meningkat 13,86 persen jika dibandingkan dengan semester I 2020 sebesar 590,94 persen.

Jasa Raharja sebagai badan usaha milik negara penyelenggara Program Perlindungan dasar penumpang dan Lalu Lintas Jalan, berkomitmen untuk terus melakukan transformasi proses bisnis dalam memberi kemudahan sebagai pemenuhan kewajiban kepada masyarakat serta turut serta berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi nasional. (YAMIN)