Muslim Touna Kecam Pembantaian Muslim Rohingya

oleh -
Para Santri saat mengikuiti Aksi Solidaritas Muslim Touna Peduli Rohingiyaah (SMTPR) Kabupaten Tojo Una-Una. (FOTO: MAL/SAFA'AD)

AMPANA-  Warga muslim Tojo Una-Una yang menamakan dirinya Solidaritas Muslim Touna Peduli Rohingiyaah (SMTPR) mengecam keras tindakan pembantaian yang dilakukan oleh militer dan para biksu Myanmar kepada Warga Muslim Rohingya. Organisasi ini melakukan aksi kemanusian penggalangan dana untuk muslim Rohingya di Ampana, Sabtu (10/9).

“Apa yang dilakukan oleh militer Myanmar sangat tidak berprikemanusiaan, sebab mereka membantai saudara-saudara muslim dengan dalih pembersihan etnis, sementara yang dibantai adalah orang-orang yang tidak bersalah,” ujar Sekertaris Panitia Pelaksana Penggalangan Dana untuk Muslim Rohingya, Ilham.

Sementara itu, protes yang sama juga dilontarkan oleh Iwan, salah satu orator dalam aksi penggalangan dana tersebut, Menurutnya, apapun bentuk alasanya tindakan pembantaian itu adalah tindakan yang sangat tidak manusiawi, dan jangan heran kenapa kejadian ini telah menyayat hati seluruh umat Muslim di seluruh dunia,

“Kami mengecam keras tindakan pembantian Muslim yang ada di Rohngya yang dilakukan oleh Pemerintah Rohingya dan Militer Myanmar,” tegasnya..

Sememtara itu, orator lainnyaAzwar juga meminta agar Pemerintah Myanmar membuka ruang untuk pendistribusian bantuan kepada Muslim Myanmar, sebab saat ini banyak muslim Rohinya telah mengungsi di negara lain. (SAFA’AD)