Minta Dukungan Program Smart Village, Gubernur Temui Menseneg

oleh -

PALU – Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, menemui Menteri Sekretaris Negara, Praktikno, untuk menyampaikan kondisi pembangunan Sulawesi Tengah dan kesiapan Sulawesi Tengah mendukung IKN, di Ruang Kerja Sekretaris Negara RI, Rabu (10/1).

Gubernur Sulteng menyampaikan kepada Mensesneg beberapa hal antara lain, pertumbuhan pembangunan Sulteng saat ini berada pada 13.05 persen. Pendapatan Sulteng sebelumnya hanya 900 M meningkat saat ini sudah mencapai 2 Triliun, dan angka kemiskinan di Sulteng turun 1 persen.

Gubernur juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden RI Ir. Joko Widodo atas perpanjangan Inpres tentang Pemulihan Bencana Sulawesi Tengah dan Perpanjangan KUR Kepada UMKM.

“Dengan kunjungan ke Menseneg, saya berharap Presiden RI dapat memberikan dukungan terhadap program Smart Village (layanan aplikasi desa Melalui digital) melalui Dana Desa agar dapat diwujudkan melalui Inpres atau Keputusan Presiden RI,” ujar gubernur.

Gubernur juga meminta kepada Mensesneg agar dapat menyampaikan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani tentang Penundaan Transfer Dana DBH Sulawesi Tengah sebesar 400 Miliar agar dapat direalisasikan dan ditransfer Pada Tahun 2024.

Mensesneg Pratikno, menyampaikan terima kasih kepada gubernur atas dukungan gubernur terhadap seluruh program nasional di Sulteng. Selanjutnya Mensesneg akan mengkoordinasikan kepada Kementrian Lembaga untuk dapat mendukung peningkatan kwalitas insprastruktur Sulteng dan akan mengkomunikasikan realisasi transfer dana yang tertunda kepada Pemda Sulteng. Selain itu juga, dia akan mendorong percepatan Inpres tentang Smart Village melalui Dana Desa sebesar Rp 50 Juta untuk setiap desa.

Reporter: Irma
Editor: Nanang