Mantan Napiter Poso Ikuti Upacara HUT RI di Dusun Tamanjeka

oleh -75 Kali Dilihat
Jalannya upacara peringatan HUT RI ke-76 di Dusun Tamanjeka, Selasa (17/08). (FOTO: MANSUR)

POSO – Puluhan warga di Dusun Tamanjeka, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke-76, Selasa 17 Agustus 2021.

Selain masyarakat, upacara yang difasilitasi Satuan Tugas Madago Raya itu juga diikuti beberapa warga mantan narapidana teroris (napiter) yang juga merupakan warga setempat.

Seluruh rangkaian upacara dipercayakan kepada masyarakat untuk melaksanakannya, mulai dari komandan upacara dan paduan suara.

Pelaksanaan upacara HUT RI di Dusun Tamanjeka tersebut merupakan yang pertama kalinya, yakni sejak Kapolres Poso dijabat oleh AKBP. Rentrix Ryaldi Yusuf yang saat itu bertindak selaku Inspektur Upacara.

Kapolres Poso, AKBP Rentrix Ryaldi Yusuf, dalam amanatnya, menyampaikan, upacara yang dilaksanakan tersebut sebagai bukti perhatian dan kehadiran negara di Kabupaten Poso, khususnya di Dusun Tamanjeka, Kecamatan Poso Peisisir.

“Meskipun saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19, namun kita harus bersatu untuk mengatasi pandemi ini agar cepat berakhir> Mari kita bersatu bergandengan tangan bersama-sama untuk menjadikan Kabupaten Poso lebih baik dan tidak ada saling membedakan satu dengan yang lain,” ungkap Rentrix.

Ditempat yang sama, Dandim 1307/Poso, Letkol Inf. Gusti Nyoman Mertayasa, menyampaikan, sejarah telah mencatat bahwa untuk pertama kalinya di Dusun Tamanjeka telah diselenggarakan upacara peringatan hari kemerdekaan.

Dia berharap, dengan terlaksananya upacara tersebut, Dusun Tamanjeka yang dulunya dikenal menakutkan dan menyeramkan oleh orang luar, secara perlahan lahan hilang.

‘Sementara itu, Kepala Dusun Tamanjeka, Sambara (55) yang bertugas sebagai pembaca teks proklamasi, mengungkapkan terima kasih kepada Satgas Madago Raya yang telah menfasilitasi sehingga bisa terlaksana upacara tersebut dengan aman dan tertib.

Kata dia, ia bersama seluruh warga setempat akan menjadikan upacara tersebut sebagai agenda rutin di tahun-tahun mendatang.

“Atas nama masyarakat, kami meminta kepada pemerintah agar infastruktur jalan diperhatikan, sehingga akses menuju ke Dusun Tamanjeka lebih baik lagi,” pintanya.

Reporter : Mansur
Editor : Rifay