Kini Poso jadi Kota Peduli HAM

oleh -
Kepala Kantor Wilayah, Hermansyah Siregar (tengah) didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi (kiri) , Raymond J.H Takasenseran (kanan), memaparkan fungsi Kanwil dalam pembinaan hukum nasional bagi daerah di Kafe Tanaris Kota Palu, Senin (8/4). Foto : IKRAM

PALU- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil KemenkumHAM) di Sulawesi Tengah memiliki beragam program pembinaan, termasuk program Kota/Kabupaten Peduli HAM.

Menurut Hermansyah Siregar, Kepala Kantor Wilayah Kanwil KemenkumHAM Sulawesi Tengah, sejak tahun 2023, ada enam kota dan kabupaten yang terlibat dalam program tersebut.

“Daerah tersebut meliputi Kota Palu, Kabupaten Banggai, Kabupaten Morowali, Kabupaten Poso, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Tojo Una-Una,” kata Kakanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar,saat buka puasa bersama (bukber) dengan insan media di Kafe Tanaris Jalan Juanda, Kota Palu, Senin (8/4).

Ia menyebutkan, Kabupaten Poso, yang pernah tercatat mengalami pelanggaran HAM, menjadi salah satu peserta program Kota Peduli HAM pada tahun 2023.

“Program tersebut lebih menekankan pada pendidikan dan perlindungan anak. Selain itu, Kanwil KemenkumHAM Sulteng juga fokus pada pembentukan desa dan kelurahan sadar hukum,” katanya.

Ia menuturkan, pada tahun 2023, terdapat 72 desa/kelurahan yang masuk kategori sadar hukum di Provinsi Sulawesi Tengah, sementara pada tahun 2024, 12 desa/kelurahan akan diresmikan sebagai peserta program tersebut.

“Penilaian dilakukan untuk memberikan motivasi kepada pemerintah daerah, mengembangkan sinergitas antarinstansi, dan menilai kinerja pemerintah daerah dalam upaya penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM,” katanya.

Hermansyah berharap program-program pembinaan hukum dan HAM di Sulteng akan mencapai hasil yang terbaik.

Turut hadir Bukber Kepala Divisi Administrasi, Raymond J.H Takasenseran, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Ricky Dwi Biantoro, dan Plh. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Herlina serta Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Reporter : IKRAM/Editor: NANANG