Kakanwil Kemenag: Saya Juga Alkhairaat

oleh
Kakanwil Kemenag Sulteng, Rusman Langke, saat bertandang ke kediaman Ketua Utama Alkhairaat Habib Sayid Saggaf Bin Muhammad Aljufri. (FOTO: MAL/HADY)

PALU – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenag Sulteng,  H.Rusman Langke, sowan ke Ketua Utama Alkhairaat Habib Sayid Saggaf Bin Muhammad Aljufri, Ahad (15/4), di Kediaman Habib Saggaf.

H.Rusman Langke datang bersama istri, para pejabat Kemenag dan juga ditemani  oleh Kepala Direktorat Pembinaan KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag RI, Mohsen Alaydrus.

Dalam pertemuan yang penuh kekeluargaan tersebut, mantan Kepala Kanwil  Kemenag Gorontalo itu bercerita banyak kondisi Gorontalo, termasuk keberadaan Komwil Alkhairaat yang ada di wilayah tersebut.

“Saya juga pengurus Komda Alkhairaat Bib, dan Alhamdulillah keberadaan Alkhairaat di Gorontalo khususnya madrasahnya berjalan dengan baik Bib,” ungkapnya.

Dirinya juga menceritakan, sejumlah tokoh-tokoh Alkhairaat yang sering berkomunikasi dengan  dirinya.

Dia pun mengaku, berasal dari Pohowato, yang merupakan salah satu tempat di perbatasan antara Kota Gorontalo dan Kota Manado. Di mana di wilayah  itu muslimnya cukup banyak dibanding beberapa tempat lainnya.

“Saya juga sering ke Palu dan hadir saat Haul Guru Tua, karena banyaknya tamu namun tidak sempat ketemu sama Habib, dan akhirnya saya harus mengabdi di sini Bib bersama Alkhairaat. Dan saya juga minta didoakan agar selama menjalankan amanah ini berjalan dengan baik dan lancar,” terangnya.

Sementara HS Saggaf Bin Muhammad Aljufri menyambut baik, dan berharap amanah yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik.

Habib juga mengisahkan saat-saat perjalanannya pada waktu ke Gorontalo, bersama beberapa ustad yang menemaninya saat itu. Para ustad disebarnya ke beberapa tempat untuk melakukan syiar dan pendidikan agama Islam.

“Alhamdulillah semuanya sudah baik dan kita berharap Alkhairaat di Gorontalo berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Sebelum menyambangi Habib Saggaf, Kepala Kanwil Kemenag Sulteng yang menggantikan Abdulah Latopada itu, berziarah ke makam   Pendiri Alkhairaat Habib Sayid Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua) yang  didampingi Habib Hasan Alhabsyi. (HADY)