Himpunan Pramuwisata akan Terbentuk di Donggala

oleh -
Syaiful Hulungo

TOUNA – Dalam waktu dekat ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Donggala akan bersilaturahmi dengan DPW Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Tojo Una-Una (Touna).

Salah satu agenda silaturahim tersebut adalah terkait pembentukan dan pengukuhan DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) di Kabupaten Donggala.

“Selama ini memang DPC HPI Kabupaten Donggala belum terbentuk, sehingga perlu dibangun komunikasi dengan daerah yang telah membentuk lembaga profesi tersebut,” kata Sekretaris HPI Provinsi Sulteng, Syaiful Hulungo, Kamis (25/11) petang.

Ipul, sapaan akrab Ketua Desa Nusantara Foundation Sulteng itu menambahkan, silaturahim Dispar Donggala dengan DPW HPI Sulteng di Touna, direncanakan pada Jumat (26/11) besok malam di markas HPI Sulteng di Touna.

Selain itu, kata Ipul, silaturahim juga untuk membangun kerja sama antar lembaga profesi, khususnya soal kerja-kerja pemandu wisata.

“Pentingnya komunikasi antar lembaga ini untuk saling bertukar pikiran terkait dengan kerja-kerja pemandu wisata sehingga bisa saling menguatkan dalam mengembangkan profesionalitas para pemandu wisata khususnya di Sulteng,” sebutnya.

Dia berharap, kegiatan silaturahmi tersebut dapat berjalan lancar serta terbangun komunikasi yang intens bukan hanya pada Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala tetapi juga kepada pengurus DPC HPI Kabupaten Donggala yang akan terbentuk nantinya.

“Kabupaten Donggala merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi pariwisata yang baik, yang dapat disejajarkan dengan daerah-daerah yang lain kedepannya. Potensi pariwisata yang terkenal di Kabupaten Donggala yakni obyek wisata bahari Tanjung Karang serta Pusat Laut,” tandasnya.

Informasi yang dihimpun media ini selain bersilarurahmi dengan pengurus DPW HPI Sulteng, kedatangan Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala, di Touna dalam rangka koordinasi dan kerjasama destinasi pariwisata dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Touna.

Reporter : Aan
Editor : Rifay