Gubernur Sulteng akan Bangun Tol Jokowi

oleh

PALU – Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, berencana akan membangun Jalan Tol Jokowi. Hal itu terkait respon daerah dengan diaktifkannya Ibu Kota baru di Kalimantan di tahun 2022.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mengatakan, usai pelantikan dirinya minggu lalu di Jakarta, presiden Jokowi bertolak ke Kalimantan untuk melihat secara dekat pembangunan dan kesiapan Ibu kota baru di sana. Karena direncanakan Perayaan Hari Ulang tahun RI tahun 2022 nantinya akan laksanakan di ibu kota baru.

“Jika itu benar, maka ini kesempatan dan keuntungan besar buat Sulteng, karena daerah yang paling dekat dari Kalimantan yakni Provinsi Sulteng,” ujar Rusdy Mastura di depan para pimpinan OPD di Gedung Polibu, Kantor Gubernur Rabu siang tadi (23/6).

Menyikapi hal itu, Cudy sapaan akrab gubernur Sulteng ini akan membangun Jalan Tol yang langsung bisa mempercepat tranportasi ke Kalimantan, jalan tol itu di beri nama Tol Jokowi .

“Saya sudah ketemu dengan kepala Bappenas, Pak Manoarfah. Banyak yang saya ceritakan kepadanya tentang keunggulan Sulteng. Olehnya, saya juga meminta Bappenas bisa memberikan bantuan pendanaan pembangunan jalan tersebut,” ungkap Rusdy Mastura.

Selain itu, pihaknya akan membuka pasar lebih luas lagi, bagaimana petani Palu-Parigi-Donggala bisa langsung menjual hasil pertaniannya ke Kalimantan.

Selain itu juga, untuk memudahkan akses itu, gubernur Sulteng ini berencana akan membangun jalan Tol Kasimbar, Tambu dan membuka pelabuhan baru di Desa Tambu atau mengambil tempat di Desa Balesang.

Untuk itu Gubernur Sulteng meminta kepada seluruh pimpinan OPD, agar bisa mendukung keinginan dan impiannya.

“Saya itu cari pimpinan OPD bukan hanya dari kepintaran, tetapi yang saya suka itu pimpinan yang mau bekerja keras,” harapnya.

Reporter: Irma