Gubernur Minta UIN Teliti Keberadaan Imam Syaban di Bangkep

oleh -

PALU – Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura meminta UIN Datokarama untuk melakukan penelitian tentang Imam Syaban yang ada di Bangkep. Menurut gubernur, Imam Syaban berada di Bangkep, berkisar tahun 705 Masehi.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Pengukuhan Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Prof Dr Hamlan M.Ag di Convention Hall Swiss-Belhotel Silae Palu, Kota Palu, Rabu (12/6).

Dia menjelaskan, terdapat fakta terkait kuburan Imam Syaban menandakan adanya peradaban Islam tertua di Indonesia yaitu di Sulawesi Tengah.

“Situs kuburan itu menunjukkan bahwa wilayah Sulawesi Tengah adalah salah satu destinasi di jalur rempah nusantara, dan komunitas Islam tertua di Banggai ini bisa menjadi bukti Islam tertua di nusantara,” katanya.

Gubernur Sulteng mengucapkan selamat kepada Prof Dr Hamlan M.Ag atas pengukuhannya sebagai Guru Besar. “Saya sangat berbangga Alhamdulillah Kita saat ini Sulawesi Tengah bertambah lagi satu guru Besar,” Ujar gubernur Sulteng ini.

Prof Dr Hamlan M.Ag merupakan Wakil Rektor II UIN Datokarama Palu.

Sementara hadir dalam acara tersebut PJ Bupati Donggala Rifani Pakamundi, Kepala Kantor Kementerian Agama Sulawesi Tengah Ulyas Taha, Rektor Universitas Muhammadiyah Palu dan Rektor Universitas Tadulako diwakili Lukman Najamuddin.

Reporter: IRMA/Editor: NANANG