JAKARTA – Alodokter, sebagai platform layanan kesehatan digital dengan lebih dari 30 juta pengguna, turut berupaya meningkatkan pelayanan, terutama di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih berlangsung hingga kini.
Sebagai bentuk kepedulian terhadap pasien Covid-19 dan keluarga yang terdampak, Alodokter menyediakan layanan kesehatan berupa pendampingan dokter pribadi yang telah hadir sejak Mei 2020 lalu. Melalui layanan ini, pasien positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah, dapat dengan mudah mendapatkan bantuan telekonsultasi dan pengobatan. Dokter yang ditunjuk akan membimbing dan mendukung pemulihan kesehatan pasien secara digital melalui aplikasi.
Terdapat lebih dari 30.000 pasien Covid-19 yang telah memanfaatkan layanan dokter pribadi Alodokter. Saat ini, ada 1000 pasien baru setiap harinya yang terdaftar. Selain dokter pribadi, pasien yang terdaftar dalam program Kemenkes berhak mendapatkan paket obat isoman gratis. Di luar itu, apabila dibutuhkan, pasien dapat mengakses layanan berbayar berupa konsultasi dengan dokter spesialis yang tersedia 24 jam serta dapat melakukan proses booking tes Covid-19 langsung dari aplikasi Alodokter.
Suci Arumsari, selaku Co-Founder dan Director Alodokter, mengatakan, pihaknya menyadari betapa sulitnya masyarakat yang terdampak Covid-19 dalam menjalani masa isolasi secara mandiri di rumah.
“Sehingga kami ingin memberikan dukungan untuk membantu pemulihan mereka, baik secara fisik dan psikis. Kami juga siap untuk mendukung Kemenkes dalam menyediakan fasilitas layanan kesehatan yang dapat memberikan solusi pengobatan bagi masyarakat. Besar harapan kami program layanan pendampingan dokter pribadi dapat membantu masyarakat untuk melewati masa sulit ini,” ujarnya, Rabu (18/08).
Salah satu keluarga yang merasakan dampapk Covid-19, Ibu Marilyn Purbadan, mengatakan, awalnya ia panik ketika hasil tes swab dengan keluarganya dinyatakan positif. Mereka juga sempat kesusahan untuk mencari tempat karantina karena semuanya penuh.
“Setelah mendapat informasi mengenai program telekonsultasi dokter pribadi dariAlodokter, saya langsung menggunakannya dan merasa sangat terbantu dengan kehadiran dokter yang cepat dan jelas dalam memberikan bimbingan dan pendampingan yang saya butuhkan,” ujarnya.
Danu Darsono, seorang karyawan swasta di Jakarta, juga menceritakan pengalamannya dalam menggunakan dokter pribadi.
“Ketika saya dan keluarga melakukan test PCR, saya satu-satunya orang dengan hasil tes positif, sementara anggota keluarga saya yang lain negatif. Pada saat itu saya merasa panik dan bingung serta tidak tahu apa yang harus saya lakukan karena saya harus menjalani isoman di rumah yang di dalamnya terdapat anggota keluarga lain,” katanta.
Lanjut dia, melalui informasi dari temannya, ia pun menggunakan Alodokter untuk mendapatkan telekonsultasi dengan dokter pribadi. Selama isolasi mandiri, ia mengaky sangat terbantu dengan fitur aplikasi yang mudah diakses dan dokter yang proaktif dalam menjawab pertanyaan dan tentangapa yang harus ia lakukan.
Pasien Covid-19 dapat mengakses platform melalui link registrasi berikut: https://get.alodokter.com/dokter-pribadi-gratis. Program ini memiliki sistem keamanan privasi dengan manajemen terbaik yang dikembangkan oleh Alodokter, sehingga pasien tidak perlu khawatir terkait kerahasiaan riwayat kesehatan mereka.
Selain itu, fitur ini juga memungkinkan dokter untuk terus memantau perkembangan terkini dari kondisi pasien secara berkelanjutan. ***