Dua Personel Polres Morowali Masuk dalam Pasukan Misi Perdamaian di Afrika Tengah

oleh -
Kabag Sumda Polres Morowali AKP Mujito

MOROWALI- Polres Morowali Sulawesi Tengah mengikutsertakan dua personel terbaiknya, untuk bertugas dalam bagian pasukan misi perdamaian dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Afrika Tengah.

Kabag Sumda Polres Morowali AKP Mujito mengatakan, dua personel Polres Morowali yang berhasil lolos untuk bergabung di misi pasukan kemanusiaan (Minusca) di Afrika Tengah yakni Brigadir Andi Dedi Satriyawan dan Brigadir Jody Prastyo.

Saat ini keduanya masih bertugas di Polres Morowali sambil menunggu pemberitahuan. Sebelum kemberangkatannya ke Afrika Tengah, keduanya terlebih dahulu akan mengikuti latihan pra Operasi (LATPRAOPS) di Polda Sulteng.

Mujito menjelaskan, menariknya, pengalaman mengemban misi pasukan perdamaian PBB ke luar negeri ini, adalah yang pertama kalinya untuk Polres Morowali.

“Iya ini baru yang pertama kalinya kami Polres Morowali berhasil memberangkatkan personil dan rencananya tugas kali ini akan berlangsung selama setahun,” katanya.

Ditambahkan Mujito, untuk bisa masuk dalam bagian pasukan perdamaian ini, ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Di antaranya lolos administrasi pasukan, kemampuan, skill dan pengalaman personil melalui Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (Minusca).

“Jadi untuk kedua personil tersebut telah lolos seleksi kelengkapan administrasi dan dinyatakan lulus dalam seleksi pasukan satgas FPU 3 di Afrika Tengah sesuai persyaratan yang diberikan oleh PBB,” katanya.

Salah seorang personil Brigadir Andi Dedi Satriyawan mengatakan, pihak keluarga sudah merelakan kepergiannya menjalankan tugas kemanusiaan di Afrika Tengah sebagai pasukan perdamaian dunia.

“Untuk keluarga sudah menerima apapun konsekuensi yang akan terjadi karena dari awal keluarga sudah merestui saya menjadi seorang polisi dan siap ditugaskan dimanapun,” katanya.

Reporter: Harits
Editor: Nanang