Dinsos Parimo Programkan Tagana Masuk Sekolah

oleh
Kabid Perlimjamsos Dinsos Parimo Parimo, Aristo (FOTO : MAWAN)

PARIMO – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), memprogramkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) masuk sekolah untuk jenjang sekolah dasar.

Ditargetkan Tagana akan menyisir di 10 titik Sekolah Dasar (SD), untuk memberikan pengetahuan kepada siswa soal kebencanaan.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Perlimjamsos) Dinsos Parimo, Aristo, ditemui. Senin (26/10) mengatakan, Tagana masuk sekolah merupakan program Dinsos Provinsi yang dijalankan oleh kabupaten, dengan memberikan penyuluhan bencana berupa banjir, tanah longsor, gempa dan bencana lainnya.

“Jadi kami diminta membentuk tim yang berjumlah lima orang, untuk mensosialisasikan kepada siswa SD,”jelasnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini ditargetkan pada bulan November mendatang. Namun sebelum itu, pihaknya masih menunggu izin dari sekolah untuk dilakukan kegiatan tersebut.

Mengingat saat ini, sejumlah sekolah di Parimo belum beraktivitas akibat pandemi Covid-19. Sehingga pihaknya, belum menentukan titik SD yang akan dikunjungi.

“Kemarin saya sudah laporkan ke Provinsi, kita menunggu izin dari pihak sekolah, dan Rekomedasi pembukaan sekolah melalui kepala daerah dalam hal ini Bupati,” ucapnya.

Ia menambahkan, target utama yang diharapkan adanya pengetahuan kebencanaan sedini mungkin khususnya siswa SD, sehingga mereka mengetahui apabila terjadi musibah ada upaya yang mereka lakukan.

“Minimal pengetahuan dasar yang bisa mereka serap, dan itu tujuan dari program tersebut,” tutupnya.

Reporter : Mawan
Editor : Yamin

Iklan-Paramitha