Delegasi FK Unisa Hadiri Munas AFKSI di Mataram

oleh -
Delegasi Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, saat ini berada di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Delegasi Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat di Musyawarah Nasional Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI) ke-XXI, tanggal 1-3 Juli 2022. Foto: Ist

PALU- Delegasi Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, saat ini berada di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kehadiran mereka di sana untuk menghadiri Musyawarah Nasional Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI) ke-XXI, tanggal 1-3 Juli 2022.

Delegasi FK Unisa dipimpin oleh dr. Ruslan Ramlan Ramli, Sp.S, Ketua Prodi FK dr. Nurfaisah, Sp.S, Ketua Prodi Profesi drg. Lutfiah Sahabuddin, M.K M, Wadek III FK dr. Ricky Yuliam, M.Kes dan dr. Nasrun, S.H, M,Sc.

drg. Lutfiah mengatakan, Universitas Alkhairaat salah satu dari 51 perguruan tinggi swasta di Indonesia yang tergabung dalam AFKSI yang diundang.

Menurutnya, kehadiran delegasi FK Unisa pada forum nasional seperti ini memberikan nilai tambah sekaligus memberikan penegasan eksistensi FK Unisa sebagai fakultas kedokteran swasta terbaik di Indonesia, sekaligus menepis isu miring tentang Fakultas Kedokteran Unisa Palu.

Sesuai jadwal yang diterima media ini, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy, bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah, akan menjadi pembicara utama. Sementara kuliah kehormatan yang akan disampaikan oleh Prof. dr. Jurnalis Uddin, P.A.K, tokoh pendiri AFKSI yang juga ketua yayasan YARSI.

Munas AFKSI 2022 yang mengangkat tema “Back to the basic, Heart-Based Education as fundamental aspect in medical education”, juga menghadirkan para pakar yang expert di bidangnya masing-masing.

Selain itu, para delegasi dari masing-masing Fakultas Kedokteran Swasta se- Indonesia juga diberi kesempatan bertukar pikiran dan meningkatkan pemahaman mengenai bioetik dan profesionalisme pendidikan kedokteran, dan kesehatan pariwisata.

Lanjut Lutfiah, dalam rangkaian kegiatan Munas ini, ada presentasi paper penelitian oral atau poster, dalam bidang pendidikan kedokteran, kedokteran dasar, pre klinik, klinik, public health/epidemiologi yang diselenggarakan secara daring dan luring agar para dosen dapat berpartisipasi.

Kegiatan itu akan ditutup dengan malam keakraban dan kebersamaan, gala dinner, dan city tour pada hari minggu, peserta berkeliling dan melihat RSUD Provinsi NTB sebagai pusat rujukan penanganan raiders MotoGP.

“Kami peserta juga akan dibawa menikmati indahnya pulau Lombok, terutama tempat penyelenggaraan event MotoGP 2022 kemarin, Sirkuit Mandalika yang sudah mendunia dan fasilitas kesehatan yang ada didalamnya. Juga menikmati berbagai kuliner ciri khas pulau Lombok,” katanya.

Ia berharap, dengan musyawarah nasional ini, menunjukkan kepada dunia luar, bahwa fakultas kedokteran swasta itu solid, kompak bersama bergerak maju kearah yang lebih baik dengan meningkatkan kualitas di institusinya masing-masing.

RIDWAN/IKRAM