Damkar Minta Jalur Penampungan Air Steril dari Kendaraan

oleh
Kadis PMK dan Penyelamatan Kota Palu, Sudaryano R Lamangkona menunjukkan tanda larangan parkir di area bak penampungan air. (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Banyaknya kendaraan yang sering parkir di jalur penampungan air milik Dinas Pemadam Kebakaran (PMK), di sebelah utara Balai Kota Palu, dinilai telah mengganggu aktivitas unit pemadam dalam melakukan aktivitas pemadaman kebakaran.

“Saya berharap jalan ini bisa disterilkan untuk memudahkan unit pemadam dalam melakukan pengisian air. Karena ini adalah satu-satunya bak induk. Jika banyak kendaraan disini, maka sewaktu-waktu ada kebakaran, dikhawatirkan kami akan sulit melakukan pengambilan air karena terhalang dengan kendaraan lain,” kata Kadis PMK dan Penyelamatan Kota Palu, Sudaryano R Lamangkona, pekan lalu.

Sebaiknya, kata dia, jalan tersebut dijadikan sebagai akses utama PMK dan tidak bisa lagi ada kendaraan lain yang parkir.

“Salah satu kekurangannya memang belum ada imbauan, walaupun sebenarnya sudah ada rambu larangan parkir, tapi mungkin karena tidak terlihat sehingga mungkin butuh ada papan imbauan di lokasi ini,” sarannya.

Sejauh ini, kata dia, masih banyak orang yang belum mengetahui ada bak air di lokasi tersebut.

Untuk itu, pihaknya segera mengonsultasikan hal itu kepada sejumlah OPD terkait seperti Dinas Perhubungan untuk mengatur area tersebut.

Pantauan media ini, di area tersebut memang banyak kendaraan, khususnya roda empat yang  parkir setiap harinya. Bahkan beberapa kali sempat mengganggu dan memperlambat aktivitas pengisian air mobil PMK. (HAMID)