Cucu Tombolotutu: Spirit Kejuangan Harus Diwarisi Generasi Kini

oleh -
Andi Mulhanan Tombolotutu

PALU- Tombolotutu salahsatu tokoh Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) baru saja dianugerahi sebagai pahlawan Nasional melalui Kepres Nomor 109/TK/2021. Gelar pahlawan Nasional disematkan kepada Tombolotutu atas kegigihannya turut berjuang menumpas penjajah Belanda.

Memaknai hari pahlawan pada 10 November besok, cucu dari Tombolotutu, Andi Mulhanan Tombolotutu mengatakan, setiap tahun di tanggal10 November Bangsa kita memperingati hari Pahlawan.

Menurutnya, peringatan itu bukanlah dilihat sebagai sebuah kegiatan yang hanya bersifat seremonial belaka, namun mesti dimaknai sebagai sebuah nilai kejuangan yang hasilnya adalah “kemerdekaan bangsa yang berdaulat”.

Oleh Karena itu, kata dia, ketika di era kemerdekaan nilai itu yg harus menjadi spirit bagi segenap anak negeri untuk bekerja keras dalam konteks berbangsa dan bernegara guna meraih masa depan yg maju dan sejahtera.

“Nilai itu yang wajib diwarisi oleh setiap generasi sesuai kebutuhan zamannya,” ujar mantan Wakil Wali Kota Palu ini di Palu, Selasa (9/11).

Menurutnya lagi, spirit kejuangan haruslah menjadi nilai esensial pada setiap gerak langkah kekinian. Karena nilai itu tak terbeli oleh apapun juga, hanya tertebus oleh darah dan air mata para pejuang.