Bupati Poso Terima Penghargaan Atas Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022

oleh -

POSO – Bupati Poso, dr. Verna G.M Inkiriwang menerima  penghargaan secara langsung dari  Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, M. Iqbal Andi Magga.

Suasana penerimaan penghargaan bertempat di Aula Pogombo Pemda Poso pada Kamis (09/2), disaksikan  Asisten Administrasi Ekomomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Dra, Cristina Limbong,  para staf ahli Bupati, Pimpinan OPD Poso, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Poso.

Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang usai acara penerimaan penghargaan kepada media ini berharap agar penyelengaraan pemerintahan tetap berjalan  efektif, efisien, transparan, akuntabel dan bertanggung jawab sesuai prosedur dan standar operasional yang berlaku.

Menurutnya, pelayanan publik menjadi tolak ukur keberhasilan pelaksanaan tugas dan pengukuran kinerja pemerintah melalui birokrasi karena pelayanan publik sebagai penggerak utama juga di anggap penting oleh semua aktor dari unsur good governance.

“Ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Sulawesi Tengah beserta seluruh jajaran nya yang telah memberikan nilai positif kepada pemerintah Kabupaten Poso,dan berharap kedepannya terus dipertahankan apa yang sudah dicapai,” ungkap Verna GM Inkiriwang.

Bupati  juga menambahkan melalui Pilar Poso Pakaroso Pemerintah Kabupaten Poso berupaya mewujudkan pelayanan publik yang efektif, efisien,  transparan dan akuntabel melalui penataan kembali aparatur pemerintah daerah serta berupaya menciptakan inovasi atas pelayanan publik di Kabupaten Poso dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Ia juga menjelaskan, efektif yang di maksudkan adalah penyelenggaraan yang tepat sasaran dengan perencanaan strategis,  efisien penyelenggaraan secara hemat dan berdaya guna dan transparan dalam segala kebijakan penyelenggara negara itu adalah terbuka serta  akuntabel dalam hal ini pemerintah bertanggung jawab terhadap kebijakan yang di tetapkan serta mempertanggung jawabkan kinerja nya kepada seluruh warga negara.

Dalam penilaian yang telah dilakukan Ombusdman, OPD yang mendapatkan nilai tertinggi adalah Dinas Dukcapil, PTSP dan Dinas Sosial  sehingga Pemda Kabupaten Poso mendapat predikat kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022.

Reporter : Mansur
Editor : Yamin