Buka Rapat Konsultasi PKK, Wagub Sulteng Dorong Kreativitas dan Kerja Sama untuk Kesejahteraan Keluarga

oleh -

PALU -;Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma’mun Amir, secara resmi membuka Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK tahun 2024. Kegiatan ini digelar di Strity Convention Hall, Selasa (23/4).

Wagub Sulteng menekankan pentingnya rapat konsultasi ini sebagai wadah untuk mengevaluasi program-program PKK yang telah dirancang guna meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dia juga menyatakan harapannya agar kader PKK dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas dalam mengembangkan program yang inovatif.

“Kerja sama yang berkesinambungan antara pemerintah dan Tim Penggerak PKK menjadi kunci keberhasilan dalam melaksanakan program-program yang telah ditetapkan,” ujar Wagub Sulteng.

Tak hanya itu, Wagub Sulteng juga mengapresiasi penunjukkan Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten/kota sebagai Ketua Tim Pembina Posyandu. Ini menandakan peran penting Posyandu sebagai mitra pemerintah dalam mendukung pembangunan sesuai dengan amanat Undang-Undang tentang Desa.

Namun, dengan penguatan posisi Posyandu, diperlukan kesiapan dan keterampilan yang lebih baik dari Tim Penggerak PKK dalam pengelolaannya. Oleh karena itu, Wagub Sulteng mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dengan lintas perangkat daerah.

Selain itu, Ketua TP PKK, Vera Rompas, menegaskan pentingnya sinergi antara 10 program pokok PKK dengan pemerintah daerah. Dia juga mengajak Tim Penggerak PKK untuk berkoordinasi secara intensif guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi.

Dengan adanya rapat konsultasi ini, diharapkan akan terjadi peningkatan kinerja dan kapasitas Tim Penggerak PKK di semua jenjang, serta lebih fokus pada pelayanan sosial dasar di Posyandu, tidak hanya dalam aspek kesehatan, tetapi juga pendidikan dan ekonomi keluarga.

Sebagai upaya konkret dalam pengentasan kemiskinan, Wagub Sulteng berharap Tim Penggerak PKK dapat turut berperan aktif dalam mendorong keluarga-keluarga miskin di pedesaan untuk terlibat secara langsung dalam pembangunan, serta memahami program dan kebijakan pemerintah daerah.

Dengan berbagai harapan dan komitmen ini, rapat konsultasi PKK tahun 2024 di Sulteng diharapkan akan memberikan nilai manfaat, yang besar bagi perkembangan gerakan PKK serta menjadi perhatian utama bagi seluruh pengurus PKK di daerah.

Reporter: IRMA
Editor: NANANG